Keefektifan Model Pembelajaran Roleplay Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI SMK di Yogyakarta

Authors

  • Yoga Pradana Wicaksono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1371

Keywords:

Role-play, Berbicara Eksperimen, Siswa SMK Keefektifan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbicara berbasis role-play dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa SMK. Model role-play dipilih karena diyakini mampu menciptakan situasi belajar yang mendekati kondisi nyata, sehingga dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berbicara secara lebih optimal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa SMK yang mengikuti pembelajaran berbicara dengan metode role-play. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berbicara dan observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan pada keterampilan berbicara siswa, yang terlihat dari perbandingan skor pretest dan posttest. Selain itu, observasi mengungkapkan bahwa model role-play meningkatkan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Siswa menjadi lebih aktif dan percaya diri dalam berbicara, terutama karena adanya suasana belajar yang mendukung dan interaktif. Model ini juga terbukti efektif dalam mengatasi hambatan psikologis seperti kecemasan dan rasa malu saat berbicara di depan umum. Kesimpulannya, model pembelajaran berbasis role-play dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pengajaran keterampilan berbicara bagi siswa SMK. Model ini tidak hanya meningkatkan aspek kognitif, tetapi juga aspek afektif, yang berkontribusi pada keberhasilan pembelajaran secara keseluruhan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya integrasi metode role-play dalam pembelajaran vokasional untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang dibutuhkan di dunia kerja. 

References

Ferreira Marinho, A. C., Mesquita de Medeiros, A., Côrtes Gama, A. C., & Caldas Teixeira, L. (2017). Fear of Public Speaking: Perception of College Students and Correlates. Journal of Voice, 31(1), 127.e7-127.e11. https://doi.org/10.1016/J.JVOICE.2015.12.012

Goberman, A. M., Hughes, S., & Haydock, T. (2011). Acoustic characteristics of public speaking: Anxiety and practice effects. Speech Communication, 53(6), 867–876. https://doi.org/10.1016/J.SPECOM.2011.02.005

Herbein, E., Golle, J., Tibus, M., Schiefer, J., Trautwein, U., & Zettler, I. (2018). Fostering elementary school children’s public speaking skills: A randomized controlled trial. Learning and Instruction, 55, 158–168. https://doi.org/10.1016/J.LEARNINSTRUC.2017.10.008

Idrissova, M., Smagulova, B., & Tussupbekova, M. (2015). Improving Listening and Speaking Skills in Mixed Level Groups (on the Material of New English File). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 199, 276–284. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2015.07.517

Janebi Enayat, M., & Derakhshan, A. (2021). Vocabulary size and depth as predictors of second language speaking ability. System, 99, 102521. https://doi.org/10.1016/J.SYSTEM.2021.102521

Kelly, L. (1982). A rose by any other nama is still a rose: A comparative analysis of reticente, Communication apprehension, unwillingness to communicate, any shyness. Human Communication Research, 8(2), 99–113. https://doi.org/10.1111/j.1468-2958.1982.tb00658.x

Kelsen, B. A. (2019). Exploring public speaking anxiety and personal disposition in EFL presentations. Learning and Individual Differences, 73, 92–101. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.05.003

Lester, S. W. (2005). Does service-learning add value? Examining the perspectives of multiple stakeholders. The Academy of Management Learning and Education , 278–294.

Morreale, S., Moore, M., Surges-Tatum, D., & Webster, L. (2007). The competent speaker speech evaluation form (2nd ed.). National Communication Association.

Stehr, P., Reifegerste, D., Rossmann, C., Caspar, K., Schulze, A., & Lindemann, A.-K. (2022). Effective communication with caregivers to prevent unintentional injuries in children under seven years. A systematic review. Patient Education and Counseling, 105(8), 2721–2730. https://doi.org/10.1016/j.pec.2022.04.015

Sutrisno, I., & Wiendijarti, I. (2015). Kajian Retorika untuk Pengembangan pengetahuan dan Keterampilan Berpidato. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 70–84.

Teven, J. J., Richmond, V. P., McCroskey, J. C., & McCroskey, L. L. (2010). Updating Relationships Between Communication Traits and Communication Competence. Communication Research Reports, 27(3), 263–270. https://doi.org/10.1080/08824096.2010.496331

Ur, P. (2009). A Course in Language Teaching Practice and Theory (17th ed.). Cambridge University Press.

Wang-Taylor, Y., & Clenton, J. (2022). Exploring the relationship between L2 vocabulary size and academic speaking. System, 107, 102822. https://doi.org/10.1016/J.SYSTEM.2022.102822

Wicaksono, Y. P. (2018). Hubungan Minat Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Nilai Rapor Terhadap Keterampilan Berpidato Siswa Kelas IX. Diksi, 25(1). https://doi.org/10.21831/diksi.v25i1.16182

Zhang, X., Ardasheva, Y., & Austin, B. W. (2020). Self-efficacy and english public speaking performance: A mixed method approach. English for Specific Purposes, 59, 1–16. https://doi.org/10.1016/J.ESP.2020.02.001

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Wicaksono, Y. P. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Roleplay Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI SMK di Yogyakarta. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20, 231–238. https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1371