Penerapan Metode Bermain Peran sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa dan Nilai Karakter Nasionalis

Authors

  • Marhaeni Kusumawati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Esti Setiawati Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.323

Keywords:

Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa, Bermain Peran, Nilai Karakter Nasionalis

Abstract

Tujuan penelitianadalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Jawa dan nilai karakter nasionalis peserta didik dengan menggunakan metode bermain peran. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan dua siklus. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas 5 di SDN 3 Wirun, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2020 / 2021. Teknik pengmpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dengan teknik persentase. Hasil penelitian penerapan metode bermain peran bahwa pada siklus I menunjukkan persentase keterampilan berbicara bahasa Jawa 64,7% dengan kriteria baik kemudian meningkat menjadi 82,3% dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Sedangkan persentase karakter nasionalis siswa pada siklus I sebesar 70,5% dengan kriteria baik, meningkat pada siklus II menjadi 88,2% dengan kriteria sangat baik. Rata- rata nilai keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama siswa pada siklus I adalah 55 dengan persentase ketuntasan sebesar 58,8%. Rata- rata nilai keterampilan berbicara bahasa Jawa ragam krama pada siklus II adalah 71 dengan persentase ketuntasan sebesar 76,4%. Hasil observasi ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan.

References

Aulina, Choiru Nisak. 2014. “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini”. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, volume 1 nomer 1 tahun 2014 hal. 14-28

Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12

MADYAWATI, D. T. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) dan Project. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK). https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pemantik/article/view/1350

Mulyasa, H. E. . D. I. W. D. A. N. N. M. (2016). Revolusi dan Inovasi Pembelajaran. In N. N. Muliawati (Ed.), Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya.

Nuraini, I., & Agus, A. A. (2016). Penerapan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal (Studi Kasus Pada Sma Negeri 1 Wera Kab. Bima). "Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewargaanegaraan (PPKn), 3, 43–52.

Pendidikan, K., & Indonesia, K. R. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sukadari, & Pillars, H. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah. Kanwa Publisher.

Syafril, E. P. E., & Nugraha, A. H. A. (2020). Proceeding International Webinar Malay Local Wisdom in the Period and After the Plague (Issue July).

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai-nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di SMA KORPRI Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).

Yaumi, A. L. (2013). Adsorption of carbon dioxide using chemically treated fly ash. ProQuest LLC.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Kusumawati, M., & Setiawati, E. (2022). Penerapan Metode Bermain Peran sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa dan Nilai Karakter Nasionalis. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3, 526–530. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.323

Issue

Section

Pengembangan Model Pembelajaran IPS Kreatif

Most read articles by the same author(s)