Pelatihan Guru dan Pengembangan Profesional di Lembaga Pendidikan

Authors

  • Alip Fikri Abdillah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Khoirurrozikin Khoirurrozikin UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Muhammad Fatchurrizqi UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1648

Keywords:

Pelatihan guru, Pengembangan professional, Teknologi pendidikan, Kompetensi pedagogik, Supervisor

Abstract

Berkembangnya teknologi yang kini semakin pesat menjadi tantangan sekaligus problematika di kalangan guru pada lembaga pendidikan. Di tengah arus digitalisasi, masih banyak guru yang belum siap beradaptasi secara optimal, terutama karena kurangnya pelatihan yang memadai terkait teknologi pembelajaran yang semakin canggih. Salah satu kendala utama yang dihadapi adalah minimnya pelatihan berkelanjutan yang relevan dengan perkembangan teknologi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelatihan dan kontribusinya terhadap pengembangan profesional guru di suatu lembaga pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur sistematis dengan menelusuri dan menganalisis berbagai artikel ilmiah yang membahas efektivitas pelatihan terhadap peningkatan profesionalisme dan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan yang berkualitas, terstruktur, dan berkelanjutan mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru secara signifikan. Guru yang mengikuti pelatihan secara konsisten mengalami peningkatan dalam hal perencanaan pembelajaran, penguasaan materi ajar, serta kemampuan memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar. Selain itu, pelatihan yang bersifat praktis, melibatkan praktik langsung di kelas, serta pendampingan oleh supervisor terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri dan inovasi dalam pengajaran. Efektivitas pelatihan ini juga sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti dukungan manajerial dari pihak sekolah, ketersediaan anggaran, dan motivasi intrinsik dari guru itu sendiri. Berdasarkan temuan tersebut, lembaga pendidikan perlu merancang program pelatihan yang tidak hanya bersifat formal, tetapi juga kontekstual dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan nyata guru di lapangan. Pengembangan profesional guru harus menjadi bagian dari kebijakan strategis pendidikan. Program pelatihan ini direkomendasikan untuk dirancang secara berkelanjutan agar tetap relevan dan berdampak positif dalam jangka panjang terhadap peningkatan mutu pendidikan.

References

Ikbal, P. A. M. (2018). Manajemen Pengembangan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Isema?: Islamic Educational Management, 3(1), 65–75. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3283

Kristyowati, D., Septriani, H., Nugraha, T., Widodo, J. S., & Yacub, Z. (2024). Pelatihan Pembelajaran Blended Learning Melalui Metode Flipped Classroom Bagi Guru SD Negeri Ciheuleut 1 Kota Bogor. MALLOMO: Journal of Community Service, 4(2), 281–287.

Meyvita, I., Azizah, A. N., Alya, J., Agetta, Y. M., & Zulfadewina. (2025). Membangun Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Dalam Menyambut Pendidikan Berkualitas. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 212–231. https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24535

Novianti, R., Anarta, R. N., Sunandar, A., Hastuti, W. D., Hutasuhut, F. H., & Nadiyah, S. (2024). Pengembangan Kompetensi Pedagogi Guru SLB melalui Pelatihan dalam Jabatan. Journal of Education Research, 5(4), 4654–4660. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1595

Sari, D. S., Hidayati, D. W., Wahyuni, A., Lestari, R. S., & Awaliyah, N. A. (2021). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru SD melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif di Era Pandemi Covid-19. Manggali, 1(2), 167–176. https://doi.org/10.31331/manggali.v1i2.1750

Septianto, T., Mahsunah, E., & Murni, A. W. (2022). Perspektif Guru: Pelatihan dan Pembuatan Media Pembelajaran Flipbook untuk Diterapkan dalam Pembelajaran Sekolah Dasar pada Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(3), 3691–3698. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2661

Sri Lestari. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial dan Penerapan Flipped Classroom dalam Hybrid Learning. Community Education Engagement Journal, 3(1), 39–50. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.7770

Susanti, E. (2022). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 melalui Pelatihan Pembelajaran Online di SD Negeri 008 Kampung Besar Kota Kecamatan Rengat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1779–1792.

Susanti, S., Khaerudin, K., & Solihatin, E. (2022). Peti Diklat: Sebuah Model Flipped Classroom dengan Pendekatan Cognitive Apprenticeship untuk Pelatihan Guru Baru. Jurnal Paedagogy, 9(3), 570–581. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5336

Syofyan, H., Susanto, R., & Ulum, M. B. (2021). Pelatihan Multimedia bagi Guru dalam Menunjang Pembelajaran Daring. International Journal of Community Service Learning, 5(4), 273–281. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i4.41361

Ulyah, F., & Rindaningsih, I. (2025). Efektivitas Pelatihan Dan Pengembangan Sdm Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 4(2), 11576–11584.

Utiarahman, T. B. (2019). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelatihan Berjenjang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(3), 215–221. https://doi.org/10.37905/aksara.5.3.215-222.2019

Wulansuci, G., Nurunnisa, R., Aprianti, E., Trisniarti, S., & Titin. (2024). Studi yang dilakukan oleh Wulansuci dkk. (2024) memberikan gambaran nyata tentang keberhasilan pelatihan berbasis teknologi ini. Dalam penelitian tersebut, sebanyak 80% guru BK dan PAUD di wilayah Bekasi berhasil mengimplementasikan aplikasi SAGURU sebaga. 7(3), 611–628. https://doi.org/10.22460/as.v7i3.25743

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Abdillah, A. F., Khoirurrozikin, K., & Fatchurrizqi, M. (2025). Pelatihan Guru dan Pengembangan Profesional di Lembaga Pendidikan. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 557–562. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1648