Pendidikan Inklusif sebagai Upaya Pemenuhan Hak-Hak Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Reguler

Authors

  • Nur Isnaini UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Wulan Ali Safitri UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Zidna Istighnaul Fitria UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1591

Keywords:

Pendidikan Inklusif, Hak Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Reguler

Abstract

Ketimpangan akses terhadap pendidikan yang setara masih menjadi permasalahan utama bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) di Indonesia. Banyak dari mereka belum mendapatkan hak pendidikan yang setara dengan anak lainnya di sekolah reguler, baik karena keterbatasan fasilitas, kurangnya tenaga pendidik yang kompeten, maupun stigma sosial yang masih kuat. Padahal, pendidikan merupakan hak fundamental setiap anak tanpa diskriminasi. Pendidikan inklusif hadir sebagai solusi yang menekankan penyelenggaraan pendidikan yang ramah terhadap keberagaman peserta didik, termasuk ABK, dalam lingkungan sekolah reguler. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pendidikan inklusif sebagai upaya pemenuhan hak-hak ABK di sekolah reguler. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di tiga sekolah reguler yang telah menerapkan praktik inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan inklusif sangat dipengaruhi oleh kesiapan guru, ketersediaan sarana pendukung, keterlibatan orang tua, serta kepemimpinan kepala sekolah. Sekolah yang memiliki budaya inklusif dan fleksibilitas pembelajaran menunjukkan keberhasilan dalam mendukung perkembangan akademik dan sosial ABK. Kendala yang masih dihadapi antara lain terbatasnya jumlah guru pendamping khusus yang kompeten dan kurangnya fasilitas pendukung yang memadai.  Sinergi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat diperlukan untuk memastikan pendidikan inklusif dapat berjalan optimal untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan dalam pendidikan bagi seluruh anak.

References

Alfikri, F., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI. Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6).

Dea Mustika, Irsanti, A. Y., Evi Setiyawati, Fretika Yunita, Nurhafizdah Fitri, & Putri Zulkarnaini. (2023). Pendidikan Inklusi: Mengubah Masa Depan Bagi Semua Anak. Student Scientific Creativity Journal, 1(4), 41–50. https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1575

Direktorat PSLB. 2004. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Terpadu/Khusus. Jakarta: Direktoral Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Dini Prima Putri, Agus Pahrudin, O. D. (2016). MANAJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN INKLUSI PADA SEKOLAH DASAR DI KOTA BANDAR LAMPUNG. 5(1), 1–23.

Fionita, W., & Nurjannah, E. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusif Sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 67–78. https://doi.org/10.36456/bp.vol15.no27.a1790

Fernandes, R. (2017). ADAPTASI SEKOLAH TERHADAP KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF Reno. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(2).

Meka, M., Dhoka, F. A., Poang, F., Dhey, K. A., & Lajo, M. Y. (2023). JURNAL PENDIDIKAN INKLUSI Citra Bakti PERMASALAHAN SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KUSUS. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1(1), 20–30. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jpicb/article/download/2109/604/

Naili, M., Setiawan, R., & Khoirunnisaa’, F. (n.d.). Strategi Konselor dalam Membantu Penyesuaian Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Era Milenial. In Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling.

Sari, F., & Salistina, D. (2025). Menggagas Pendidikan Inklusi di PAUD melalui Pemahaman dan Kesiapan Mahasiswa. 13(1), 30–40.

Tea, Y. V., Pio, M. O., Tini, F. A., & Tia, E. (2023). Implementasi Pemenuhan Hak-Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti, 1(1), 75–87. https://doi.org/10.38048/jpicb.v1i1.2121

Downloads

Published

2025-07-19

How to Cite

Isnaini, N., Safitri, W. A., & Fitria, Z. I. (2025). Pendidikan Inklusif sebagai Upaya Pemenuhan Hak-Hak Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Reguler. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 181–193. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1591