Transformasi Pendidikan di Era Digitalisasi

Authors

  • Raden Muhammad Jallaludin Assayuti UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Salma Aulia Ibrahim UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Salma Dwi Puspita UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1659

Keywords:

Transformasi Pendidikan, Digitalisasi Pembelajaran, Teknologi dalam Pendidikan

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mendorong terjadinya transformasi signifikan dalam dunia Pendidikan. Transformasi pendidikan di era digital telah merubah paradigma pembelajaran dari metode tradisional ke metode teknologi. Penelitian ini berfokus pada analisis perubahan teknologi terhadap kegiatan pembelajaran, pola interaksi antara guru dan siswa, serta kebijakan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan era digital. Dengan tujuan untuk mengembangkan dan memperkuat strategi sistem Pendidikan agar mampu bertahan dan beradaptasi pada pesatnya kemajuan teknologi. Dengan menggunakan metode literature reasearch dengan pendekatan kualitatif. Kajian ini menunjukan bahwa digitalisasi membawa dampak positif berupa peningkatan akses informasi dan fleksibilitas pembelajaran, namun juga menimbulkan tantangan yaitu rendahnya literasi digital di kalangan guru dan siswa serta perlunya peningkatan kurikulum. Pada kajian ini, transformasi pendidikan di era digital hanya akan berdampak positif secara menyeluruh apabila diiringi dengan kebijakan yang inklusif, pelatihan berkelanjutan bagi pendidik, dan pemerataan akses teknologi.

References

Ailsa Aurellia, Korespondensi, Ailsa Aurellia, Charisa Najma Athifa, and Yusuf Amrozi. 2025. “Artikel Nusantara Computer and Design Review Transformasi Digital Yang Adil: Peran Manajemen Risiko Dalam Mengurangi Ketimpangan Digital.” NCDR 3(1): 54–63. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ncdr/.

Angraini, Trisseda, Lasmaida N Saragi, Miftahul Jannah, and M Sopian. 2017. PERUBAHAN PARADIGMA PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN ERA DIGITAL.

Ardiansyah, Minnah El Widdah, and Su’aidi. 2024. “Argumen Pengembangan Kebijakan Pendidikan Islam.” Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora 2(1): 84–93. doi:10.61104/jq.v1i2.135.

Ariyanto, Dedy. 2017. PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM MENDUKUNG IMPLEMENTASI INKLUSI.

Atha Putra Suseno, Tarangga, Andi Luthfi Moh Abdillah, Riza Akhsani Setyo Prayoga, and Dominggo Bayu Bagaskara. 2023. 7 Agustus Pemerataan Infrastruktur Telekomunikasi Untuk Kesejahteraan Digital. Online.

Azzahra, Inda Fani, Muhammad Rizky Al Farel, and Rani Rahmadhani. 2025. “Kurikulum Merdeka: Telaah Potensi Dan Tantangan Implementatif Dalam Mewujudkan Pendidikan Fleksibel Di Indonesia.” doi:10.59818/jpi.v5i3.1530.

Firman Hidayat, Udin, Martha Megawati Pasaribu, Djoys Anneke Rantung, and Ibrahim Boiliu. 2023. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Adaptif Dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Pendidikan.” Journal on Education 05(02).

Haniko, Paulus, Baso Intang Sappaile, Imam Prawiranegara Gani, Joni Wilson Sitopu, Agus Junaidi, and Didik Cahyono. 2023. 02 Jurnal Pengabdian West Science Menjembatani Kesenjangan Digital: Memberikan Akses Ke Teknologi, Pelatihan, Dukungan, Dan Peluang Untuk Inklusi Digital.

Hendratno, Hendratno, Eva Amalia, Nurul Istighfaroh, Bambang Edi Siswanto, and Zulfin Rachma Mufidah. 2025. “Pelatihan Literasi Digital Canva Untuk Guru Sekolah Dasar.” Kontribusi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5(2): 222–31. doi:10.53624/kontribusi.v5i2.524.

Hilda Wahyuni, and Marno. 2024. “TRANSFORMASI PENDIDIKAN: PERAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DI ERA DIGITALISASI.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Mohammad Destra Dwi Aranda. 2024. “Peningkatan Dan Pemerataan Perkembangan Teknologi Di Dunia Pendidikan Melalui E-Learning Di Indonesia: Kajian Literatur.” Jurnal Cakrawala Akademika 1(4): 1434–46. doi:10.70182/JCA.v1i4.32.

Peningkatan, Pelatihan, Literasi Digital, Guru Dalam, Mengintegrasikan Teknologi, Di Smp, Al-Washilah Panguragan, Kabupaten Cirebon, et al. 2022. “ Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Teknologi Di SMP Al-Washilah Panguragan Cirebon.” Papanda Journal of Community Service. https://ejournal.papanda.org/index.php/pjcs.

Propinsi, Kasus, Kepulauan Riau, Dicky R Munaf, Thomas Suseno, Rizaldi Indra Janu, and Aulia M Badar. 2008. PERAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MASYARAKAT DAERAH PERBATASAN.

Rahmi Tanjung, Korespondensi, Rahmi Tanjung, Panji Setyosari, Eva Sukmawati, Riyan Wirawan, Raiza Aulia, Program Studi Pendidikan Jasmani, and Kesehatan dan Rekreasi. 2024. “Teknologi Pendukung Dalam Pendidikan Inklusif: Sebuah Tinjauan Literatur Sistematis.” NER 2(1): 1–7. https://journal.unusida.ac.id/index.php/ner/.

Riady, Yasir, Kata Kunci, and [ Gerakan. 2021. J. A. I?: Jurnal Abdimas Indonesia GERAKAN LITERASI DIGITAL: PELATIHAN AKSES INTERNET DAN KOMPUTER BAGI GURU DI KABUPATEN KARAWANG. https://dmi-journals.org/jai.

Rohmah, Nafilatur. 2019. LITERASI DIGITAL UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. https://kalteng.kemenag.go.id/palangkaraya/berita/501146/Ini-Lima-Kompetensi-yang-Harus-Dimiliki-.

Slamet Riyadi, Al Munip, Ahmad Junaidi, Taslim Buaja, Syahrial Shaddiq, and Nining Andriani. 2025. “Transformasi-Pendidikan-Luar-Biasa-Di-Era-Digital-Inklusi-Dan-Teknologi-Di-Tahun-2025.” Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS).

Sukendo Egok, Asep, Kata Kunci, and [ Pelatihan. 2024. J. A. I?: Jurnal Abdimas Indonesia Pelatihan Literasi Digital Untuk Guru SD Dalam Mencetak Smart Kids Di Era Teknologi. https://dmi-journals.org/jai/.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Assayuti, R. M. J., Ibrahim, S. A., & Puspita, S. D. (2025). Transformasi Pendidikan di Era Digitalisasi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 626–631. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1659