Peran Pendidik dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Ike Nur Hasanah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Mely Febriani UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Salsabila Khalishah Fitri UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1652

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pendidikan Karakter, Pendidik

Abstract

Pendidikan adalah fondasi paling utama dalam pembentukan karakter. Pada proses pendidikan yang ada di Indonesia, kurikulum merdeka menjadi salah satu bentuk usaha yang dibuat oleh pemerintah untuk memberikan kebebasan dalam proses pembelajaran, sekaligus menekankan pengembangan karakter dan kompetensi siswa. Peran pendidik sangat penting, pendidik tidak hanya sebagai seseorang yang hanya menyampaikan materi, melainkan sebagai fasilitator, motivator, dan inovator yang merancang pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, serta menggabungkan nilai-nilai kebangsaan yang membantu siswa dalam pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis pendidik dalam implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik melalui pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan pendekatan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui penelusuran berbagai sumber tertulis seperti jurnal ilmiah, buku, laporan penelitian, serta regulasi pendidikan terkait Kurikulum Merdeka. Kajian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis konsep, peran pendidik, manfaat, serta hambatan dalam penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah. Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan bagi siswa dalam belajar dan menekankan penguatan karakter serta kompetensi mereka. Guru berperan sebagai fasilitator, motivator, dan inovator dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Selain itu, nilai-nilai kebangsaan diintegrasikan dalam pendidikan untuk membentuk karakter yang kuat dan berlandaskan identitas nasional. Pendekatan ini membuat sistem pendidikan lebih fleksibel dan siap menghadapi tantangan di masa depan.

References

Adawiyah, R. (2024). Tugas , Peran dan Tantangan Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka : Studi Kasus pada sekolah di Nusa Tenggara Barat. Jurnalistrendi : JURNAL LINGUISTIK, SASTRA, DAN PENDIDIKAN, 9(2), 449–458.

Amanulloh, M. J. A., & Wasila, N. F. W. (2024). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 33–58. https://journal.rumahindonesia.org/index.php/njpi/article/view/230

Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291–304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Arifa, R., & Agustini, P. (2025). PERAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU

PENDIDIKAN. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 2(1), 595–600.

Awalia Marwah Suhandi, F. R. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.

Dian Fitra. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953

Fatmawati, I. (2021). The Role of Teachers in Curriculum Development and Learning. Revorma, Jurnal Pendidikan dan Pemikiran, 1(1), 20–37. http://ejournal-revorma.sch.id

Febriyani, N., Farid, N., & Rachman, I. F. (2025). Analisis Peran Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka terhadap Tujuan Kehidupan yang Seimbang dan Berkelanjutan di Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(4), 262–272.

Fitria, R., Indrawadi, J., Isnarmi, & Hasrul. (2024). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada kurikulum merdeka belajar SMA. Journal of Education, Cultural and Politics, 4(4), 833–843.

Isfahani, I. M. (2023). Kurikulum Merdeka: Menggagas Pendidikan Yang Mempersiapkan Generasi Bangsa.

Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, 4, 1596–1575.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 12(2), 157–170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287

Muslimin, I. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 5(1), 108–130. https://doi.org/10.30739/jmpid.v5i1.2093

Mustoip, S. (2023). Analisis Penilaian Perkembangan Dan Pendidikan Karakter Di Kurikulum Merdeka

Sekolah Dasar. PANDU : Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.59966/pandu.v1i3.470

Nasir, M. (2025). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM MERDEKA DI

MADRASAH IBTIDAIYAH : TANTANGAN DAN STRATEGI Muhammad Nasir. Madrasah : Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(1), 1–13.

Panjaitan, H., & Hafizzah, F. (2025). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SDIT Mutiara Ilmu Kuala. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 328–343. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Rahmatika, D., Muriani, M., & Setiawati, M. (2022). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPS Di SMPN 9 Kubung. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(4), 115–121. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss4.333

Rahmawati, S., & Astuti, D. (2024). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM

MERDEKA. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3026–3038.

Sahrandi, S., & Bahri, S. (2023). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(1), 100–108. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i1.6712

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.

Saputro, F. F., & Arifin, Z. (2023). Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Research Student, 1(2), 16–24. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.4

Sari Yunita, D. S. J. N. (2024). Perkembangan Kurikulum Merdeka Di Indonesia. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7, 2199–2205.

Tuerah, M. S. R., & Tuerah, J. M. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Kajian Teori: Analisis Kebijakan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober, 9(19), 982. https://doi.org/10.5281/zenodo.10047903

Tunas, K. O., & Pangkey, R. D. H. (2024). Kurikulum Merdeka: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Kebebasan dan Fleksibilitas. Journal on Education, 6(4), 22031–22040. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6324.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Hasanah, I. N., Febriani, M., & Fitri, S. K. (2025). Peran Pendidik dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 582–588. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1652