Pengaruh Kegiatan Kajian Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah Terhadap Pengamalan Ibadah Santri
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.300Keywords:
Islam, Himpunan Putusan Tarjih, IbadahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pelaksanaan kegiatan kajian Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah terhadap pengamalan ibadah santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kabupaten Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data korelasi pearson product moment. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada pengaruh antara kegiatan kajian Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah dengan pengamalan ibadah santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kabupaten Tegal. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi pearson product moment sebesar 0,185 sedangkan nilai r hitung pada signifikansi 5% diperoleh sebesar 0,433 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh sebesar 0,549 sehingga r hitung < r tabel atau 0,185 < 0,433 dengan demikian maka ditolak dan diterima, berarti tidak ada pengaruh kegiatan kajian Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah terhadap pengamalan ibadah santri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kabupaten Tegal.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Efendi, A. (2008). Peran Strategis Lembaga Pendidikan Berbasis Islam di Indonesia. El-Tarbawi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art1
Hazmi, M., Putra, D. W., Gunasti, A., & Jalil, A. (2020). Ideologi Muhammadiyah. In Ideologi Muhammadiyah (Issue July). https://doi.org/10.32528/342988839_ideologi
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Prenada Media Group.
SISDIKNAS, U. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Afabeta.
Wahyudhiana, & Darodjat, D. (2015). Model manajemen kelas: Pembelajaran Aktif, Kreati, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Islamadina, XV.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.