Analisis Kelayakan Bahan Ajar E-book Materi Lingkaran Untuk Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1357Kata Kunci:
E-book, R&D Model 4DAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis tahapan penyusunan dan kelayakannya bahan ajar dalam bentuk e-book sehingga memadai digunakan dalam pembelajaran di era digital. E-book dengan materi lingkaran dalam kehidupan sehari-hari untuk peserta didik kelas VI sekolah dasar dibuat melalui penelitian pengembangan R&D model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). E-book yang telah disusun kemudian dinilai dengan skor yang terdiri dari: skor validasi ahli materi 81,8, skor validasi ahli media 92,5, dan skor validasi dari pendidik 88,9 sehingga diperoleh skor rata-rata 87,7. Berdasarkan hasil analisis skor, e-book yang disusun memiliki kriteria valid, yang artinya layak digunakan untuk digunakan dalam pembelajaran. Validasi diperoleh dari ahli materi, ahli media, dan pendidik.
Referensi
Antasari, M., Hanifah, H., Susanta, A., & Haji, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Sma Negeri 4 Kaur. Jurnal Lebesgue?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(2), 822–838. https://doi.org/10.46306/lb.v4i2.343
Depdiknas (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Haniyyah, L., Iskandar, K., & Rafianti, I. (2020). Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) untukMeningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Siswa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, Volume 4, No. 1, Halaman 97-110.
Makdis, N (2020). Penggunaan E-book pada Era Digital. Al-Maktabah, Volume 19, Halaman 77-84
Pratiwi, R. S., & Rachmadiarti, F. (2022). Pengembangan E-book Berbasis Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Materi Pertumbuhan dan perkembangan Tumbuhan untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains. BioEdu, Vol. 11 No. 1, Halaman 165-178.
Ramdani, A,. Jufri, A.W., & Jamaluddin. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan :Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, Volume 9 Issue 2 Halaman 432-446
Ridho, S., Wardani, S., & Saptono, S. (2021). Journal of Innovative Science Education Development of Local Wisdom Digital Books to Improve Critical Thinking Skills through Problem Based Learning. 10(37), 1–7.
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 431–439. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4609
Samsinar. (2020). Mobile Learning : Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Al Gurfah: Journal of Primary Education, Volume 1 No. 1, Halaman 41-57
Sasmito, D. A., Shaherani, N., & Yusrotin, A. (2021). Implementasi Mobile Learning Sebagai Solusi Pembelajaran Daring Untuk Peserta Didik Akibat Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Singosari. IJSED, 3(1). Halaman 1-14
Susantini et al. (2021) E-book of metacognitive learning strategies: design and implementation to activate student’s self-regulation. Research and Practice in Technology Enhanced Learning 16:13
Wale, B. D., & Bishaw, K. S. (2020). Effects of using inquiry-based learning on EFL students’ critical thinking skills. Asian-Pacific Journal of Second, 5-9.
Wijaya, T. T., Cao , Y., Weinhandl, R., & Tamur, M. (2022). A meta-analysis of the effects of E- books on students'mathematics achievement. Heliyon, Heliyon 8 e09432 Halaman 1-9.
Wiyogo, W., Ahmad Eko Suryanto, & Langlang Buana Wijaksono. (2021). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran. Steam Engineering, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.37304/jptm.v3i1.2744
Y Pratiwi*, S. R. (2020). Validity of Physics Student E-book Based on the STEM Approach to Improve Knowledge Competence . Journal of Physics: Conference Series 1876 (2021) 012031. Halaman 1-7
Zulkarnain, Zulnaidi, H., Heleni, S., & Syafri, M. (2020). Effects of SSCS Teaching Model on Students’ Mathematical Problemsolving Ability and Self-efficacy. International Journal of Instruction, 14(1), 475–488. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14128A
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.