Ragam Apersepsi dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Ajibarang

Penulis

  • Riva Hartanti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Arifin Suryo Nugroho Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ipong Jazimah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1619

Kata Kunci:

Entrepreneurship, Prophet’s Business Model, Learning-by-doing

Abstrak

Dalam proses pembelajaran seorang guru yang profesional dan terdidik penting untuk melakukan apersepsi pada awal pembelajaran sebelum melanjutkan ke materi yang baru. Tahap tersebut memiliki kemiripan dengan kegiatan pemanasan dalam olahraga. Hal tersebut penting diterapkan pada pembelajaran sejarah untuk meningkatkan minat belajar peserta didik, karena kebanyakan peserta didik kurang tertarik dengan mata pelajaran sejarah yang dianggap membosankan dan terlalu banyak hafalan. Dari adanya hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja ragam apersepsi dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ajibarang, dan bagaimana implementasi ragam apersepsi di kelas, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ajibarang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini terdapat berbagai ragam apersepsi dalam pembelajaran sejarah seperti: (1) zona alfa yang meliputi; fun story, bernyanyi bersama, ice breaking, (2) warmer meliputi; games pertanyaan, diskusi ringan, (3) scene setting meliputi; penayangan gambar, penayangan video pendek, pertanyaan pemantik, (4) pre teach meliputi; penjelasan alur diskusi, dan penjelasan awal materi. Dari berbagai ragam apersepsi yang digunakan oleh guru sejarah di implementasikan dengan berbagai cara sesuai dengan kondisi kelas dan cara guru mengajar. Kelemahan penggunaan apersepsi dalam pembelajaran sejarah yaitu dapat memakan waktu pembelajaran jika tidak direncanakan dengan baik, sedangkan kelebihan yaitu dapat mengembalikan fokus peserta didik, dapat memacu ingatan peserta didik mengenai materi yang dipelajari sebelumnya, serta dapat membangkitkan semangat peserta didik dalam belajar.

Referensi

Chatib, M. (2019). Gurunya Manusia. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Darsini, Fahrurrozi, & Cahyono, E. (2019). PENGETAHUAN: ARTIKEL REVIEW. Jurnal Keperawatan, Vol 12 No 1, Hal 95-107.

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Di akses https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf pada 13 Oktober 2024.

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN, 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Yogyakarta: CV. KAAFFAH LEARNING CENTER.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fatmiyatun, Sri. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Limbang Kabupaten Kendal. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Semarang).

Fauzan, & Arifin, F. (2022). Desain Kurikulum dan Pembelajaran Ajaran Abad 21. Ciputat : KENCANA.

Gafur, A. (2012). Desain Pembelajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Hamdayama, J. (2017). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanik , U., Wulan, N., & Mutmainah. (2018). Apersepsi dalam Pembelajaran Kaitannya Dengan Kesiapan dan Hasil Belajar. EduMath, Vol 6 No 2, Hal 53-59.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Online). Akses di https://kbbi.web.id/apersepsi. Pada tanggal 13 Oktober 2024.

Madjid, M., & Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah Sebagai Pengantar. Jakarta: Prenada Media Group.

Mahmud, S., & Idham, M. (2017). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Nurhayati, S. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.

Nuswowati, M., & Aini, H. (2021). Keterampilan Mengajar Offline & Online Dalam Pembelajaran Micro. Banyumas: Wawasan Ilmu.

Priyadi, S. (2021). Pengantar Ilmu Sejarah. Purwokerto: Pustaka Pelajar.

Sulfemi, Wahyu Bagja. (2016). Hubungan Persepsi Peserta Didik Tentang Kompetensi Guru Mata Pelajaran Sejarah Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X SMA Negeri 1 Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Fascho Vol. 5 No. 2, hal 52-69.

Diterbitkan

2025-07-19

Cara Mengutip

Hartanti, R., Nugroho, A. S., & Jazimah, I. (2025). Ragam Apersepsi dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Ajibarang. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 359–370. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1619

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama