Pedagogi Kritis Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS

Authors

  • Ferani Mulianingsih Universitas Negeri Semarang
  • Pranichayudha Rohsulina Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v16i.1001

Keywords:

Mitigasi bencana, pedagogi kritis, pembelajaran IPS

Abstract

Kota Semarang merupakan salah satu kota yang terdampak bencana banjir tahun 2023 dan tahun 2024. Terdapat 142 sekolah menengah pertama yang terdampak bencana banjir tahun 2023. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pedagogi kritis mitigasi bencana dalam pembelajaran IPS. Dalam hal ini, pedagogi kritis layak dihadirkan sebagai perspektif kritis pendidikan kebencanaan yang mendorong siswa dan guru serta sekolah menerapkan penanggulangan bencana. Melalui perspektif pedagogi kritis, pembelajaran IPS diarahkan untuk membangun kesadaran kritis siswa tentang mitigasi bencana. Implikasi penelitian ini diharapkan memberikan dukungan dan peluang kepada guru ilmu pengetahuan sosial sekolah menengah pertama untuk menciptakan proses pembelajaran yang berinovasi dan berdiferensiasi, dengan mengenalkan mitigasi bencana.

References

Dayanthi AK, Prasetyo SYJ, Fibriani C. Klasifikasi Wilayah Risiko Bencana Banjir Di Kota Semarang Dengan Perhitungan Indeks Vegetasi. J Tanah dan Sumberd Lahan. 2023;10(2):461–70.

Mulianingsih F. Fenomena ROB Semarang sebagai sumber belajar IPS. Harmon J Pembelajaran IPS dan PKN. 2017;2(1):59–64.

Suherningtyas IA, Permatasari AL, Febriarta E. Pemetaan partisipatif dalam mitigasi kebencanaan banjir dan longsor di Kelurahan Pringgokusuman Kota Yogyakarta. J Pendidik Geogr. 2022;27(1):26–37.

Ujung AT, Nugraha AL, Firdaus HS. Kajian Pemetaan Risiko Bencana Banjir Kota Semarang Dengan Menggunakan Sistem Informasi Geografis. J Geod Undip. 2019;8(4):154–64.

Risqiyah UN, Mulianingsih F. Pengaruh media vlog (video blogging) mitigasi bencana covid 19 terhadap hasil belajar IPS SMP N 02 Randudongkal Pemalang. Sosiolium J Pembelajaran IPS. 2022;4(1):39–42.

Mulianingsih F, Kintoko B, Setyawan FB, Prananto IW. Literacy House: Is It Important in a Fisherman’s Village? In: Proceedings of the 1st UPY International Conference on Education and Social Science (UPINCESS 2022). Atlantis Press SARL; 2023. p. 132–40.

Zong G. Integrating global sustainability into social studies teachers’ education: a collaborative self-study. Soc Stud Res Pract. 2022;17(1):94–113.

Pedro Basabe. Hyogo Framework for Action 2005-2015: ISDR International Strategy for Disaster Reduction International Strategy for Disaster Reduction. Encycl Nat Hazards. 2013;(January 2005):508–16.

McGee S, Frittman J, Ahn SJ, Murray S. Implications of cascading effects for the Hyogo Framework. Int J Disaster Resil Built Environ. 2016;7(2):144–57.

Reduction UNO of DR. Sendai Framework for Disaster Risk Reduction 2015-2030. United Nations 2015.

Mulianingsih F, Suharini E, Handoyo E, Purnomo A. Optimalisasi Sekolah Tangguh Bencana Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Mata Pelajaran IPS sebagai Upaya Mitigasi Bencana Banjir di Kota Semarang. Pros Semin Nas Pascasarj. 2023;6(1):316–9.

Ferani Mulianingsih PH. Can Disaster Risk Education Reduce the Impact of Disasters in Schools? J Geogr Sci Educ. 2022;4(2):19–23.

Suparti L, Rohsulina P, Wijayanti A, Rahman MK. Pelaksanaan Pembelajaran Masa New Normal pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tawangsari Tahun 2022. JPIG (Jurnal Pendidik dan Ilmu Geogr. 2022;7(2):125–36.

Creswell WJ, Creswell JD. Research Design: Qualitative, Quantitative adn Mixed Methods Approaches. Fifth Edit. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. SAGE Publications, Inc.; 2018. 1–388 p.

Creswell JW. 30 Essential Skills for the Qualitative Researcher. Vol. 13, Nucl. Phys. University of Nebraska-Lincoln: SAGE Publications, Inc.; 2016. 1–605 p.

Creswell JW, Clark VLP. Choosing a mixed methods design. In: Designing and Conducting Mixed Methods Research. California: Sage Publications, Inc.; 2011. p. 53–106.

Chmutina K, von Meding J. Towards a liberatory pedagogy of disaster risk reduction among built environment educators. Disaster Prev Manag An Int J. 2022;31(5):521–35.

Thompson C, Kleine M. Adapting Paulo Freire in an Institutional Context: Developing Positive Relationships. In 2020. p. 33–44.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Mulianingsih, F., & Rohsulina, P. (2024). Pedagogi Kritis Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 16, 18–20. https://doi.org/10.30595/pssh.v16i.1001