Integrasi Kurikulum Nasional dalam Sistem Pendidikan Pesantren di Indonesia

Authors

  • Suci Nur Atikah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Umi Fitriyah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Winda Zulfatun Nikmah UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1657

Keywords:

Integrasi, Kurikulum Nasional, Pendidikan, Pesantren

Abstract

Integrasi kurikulum nasional dalam lembaga pendidikan pesantren di Indonesia merupakan sebuah langkah strategis untuk menggabungkan nilai-nilai keislaman dengan standar pendidikan nasional yang berkualitas. Pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional memiliki sistem pembelajaran khas yang berfokus pada pendalaman kitab kuning dan pembentukan karakter santri. Namun, tuntutan globalisasi dan kebijakan pemerintah mendorong pesantren untuk mengadopsi kurikulum nasional guna memperluas akses lulusannya ke jenjang pendidikan formal dan dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dinamika integrasi kurikulum nasional ke dalam sistem pendidikan pesantren di Indonesia, serta mengidentifikasi tantangan dan implikasi yang muncul dari proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, data di kumpulkan dari berbagai sumber literatur yang relevan dan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kurikulum dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan kualitas daya saing santri. Kolaborasi antara pemerintah, pesantren dan masyarakat menjadi faktor yang mendukung adanya pengimplementasian kurikulum nasional dipesantren, sehingga diharapkan dapat menciptakan sinergi antara nilai-nilai religius dan kompetensi akademik dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan nasional secara inklusif yang mampu bersaing di era globalisasi. Oleh karena itu, dibutuhkan kebijakan yang fleksibel dan partisipatif untuk mendorong kolaborasi antara negara dan komunitas pesantren. Penelitian ini berkontribusi dalam perumusan kebijakan pendidikan berbasis nilai lokal dan nasional yang seimbang.

References

Ade Putri Wulandari. (2020). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum 2013 Di SMK Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 20–34. https://doi.org/10.54396/alfahim.v2i1.68

Ansori, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v1i1.32

Arif, M. (2024). Perkembangan Pesantren Di Era Teknologi Informasi. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(3), 327–333. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i3.16645

Aspiyah, A. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren dan Madrasah dalam Meningkatkan Karakter Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Azzahro). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 231. https://doi.org/10.35931/am.v8i1.2948

Azmi, M., Muhammad Akmansyah, & Amiruddin. (2024). Pendekatan dalam Integrasi Kurikulum Pondok Pesantren dan Madrasah: Studi di Pondok Pesantren Al-Hikmah Bandar Lampung. Bustanul Ulum Journal of Islamic Education, 1(2), 212–223. https://doi.org/10.62448/bujie.v1i2.34

Budiyono, A. (2021). Konsep Kurikulum Terintegrasi. Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 3(1), 66–84. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i1.253

Hasan, N. (2012). Education Young Islamists and Integrated Curriculum in Indonesia.

Hasanah, A. (2019). SEJARAH PENDIDIKAN PESANTREN. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Hasmawati, H., & Muktamar, A. (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 1(3), 197–211. https://doi.org/10.31004/ijim.v1i3.20

Hidayah, H. W. (2022). Model Integrasi Kurikulum (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Modern Darel Azhar). In Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Husaini, & Anisaturrahmi. (2019). Implementasi Integrasi Kurikulum pada TK Almanar Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Pendidikan, 8(1), 56–72.

Iswadi, Aslan, & Sunanti, S. (2022). Integration of 2013 curriculum and boarding on bookings in Al-Furqon Tebas integrated Islamic private middle school. Jurnal Studi Islam Lintas Negara, 4(2), 69–76.

Khoeriyah. (2018). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.

Khozin, Haris, A., & Asrori. (2021). Pengembangan Integrasi Kurikulum. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56–57. https://doaj.org/article/1e8aebf063e94d09a7eb93f04cf4b8fd

Kusnandi, K. (2017). Integrasi Kurikulum Berbasis Pesantren pada Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan, 5(2), 279–297. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2138

Kusumawati, I., & Nurfuadi. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293

Lucia Maduningtias. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 5(4), 323–331. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v5i4.378

Muhtadin, M. A., & Laksono, T. A. (2016). Integrasi Kurikulum Pendidikan dan Kurikulum Pesantren. 1–23.

Mujiburrohman. (2007). Moderniztion of Islamic Education in Indonesia: A critical Overview. Al-Jami’ah, 45, 1.

Nihayah, I. (2019). Pengembangan Kurikulum Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Pada Program Akselerasi Di SMAN 5 Surabaya. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng 8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Rahmawati, R., Khair, U., Rahman, M., Aswan, A., Ardilah, F., Anisa, N., & Mihrani, M. (2024). Perkembangan Pondok Pesantren: Warisan Dan Transformasi Pendidikan Islam. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(1), 380–386. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2188

Sabil, N. F., & Diantoro, F. (2021). AL-ISHLAH. 209–230.

Saleh, I. T., Sopiansyah, D., & Ruswandi, U. (2022). Pendidikan Agama Islam Dalam Kurikulum Nasional. Jurnal Dirosah Islamiyah, 4(2), 211–219. https://doi.org/10.47467/jdi.v4i2.898

Sholihatunnisa, S. A. (2016). INTEGRASI KURIKULUM PESANTREN DAN MADRASAH DALAM PENGUATAN KARAKTER. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 11, 1–23.

Sugiarto, F. (2021). KURIKULUM PENDIDIKAN MADRASAH DI PESANTREN MENJADI SALAH SATU ALTERNATIF SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (Studi Kasus pada Madrasah di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW, Desa Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, NTB). El-Tsaqafah?: Jurnal Jurusan PBA, 20(1), 65–81. https://doi.org/10.20414/tsaqafah.v20i1.2958

Widodo, W. (2021). Manajemen Kurikulum Integrasi. Leadership: Jurnal Mahaiswa Manajemen Pendidikan Islam, 247–255.

Zuhdi, M. (2009). Pesantren and modernization?: A study of the responses of Islamic boarding school to modernization in Indonesia. Journal of Indonesian Islam, 3, 2.

Downloads

Published

2025-07-21

How to Cite

Atikah, S. N., Fitriyah, U., & Nikmah, W. Z. (2025). Integrasi Kurikulum Nasional dalam Sistem Pendidikan Pesantren di Indonesia. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 24, 611–619. https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1657