The Merdeka Curriculum from the Perspective of Ki Hajar Dewantara's Educational Philosophy: A Philosophical Study
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v24i.1577Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pendidikan Ki Hajar Dewantara, Filosofi PendidikanAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan suatu inovasi dalam sistem pendidikan nasional Indonesia yang mengedepankan prinsip kebebasan belajar serta pengembangan potensi peserta didik secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Kurikulum Merdeka dari perspektif filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan nasional yang menekankan pentingnya kebebasan dalam proses belajar serta penghormatan terhadap nilai-nilai budaya lokal. Kajian dilakukan dengan metode studi literatur menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis filosofis terhadap dokumen resmi Kurikulum Merdeka serta tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara. Hasil penelitian mengungkapkan adanya keterkaitan yang erat antara prinsip-prinsip yang diusung dalam Kurikulum Merdeka dengan pemikiran pendidikan Ki Hajar Dewantara, khususnya dalam hal pemberian kebebasan belajar kepada peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi diri sesuai dengan konteks sosial budaya. Selain itu, filosofi “tut wuri handayani” menjadi pijakan utama dalam pelaksanaan kurikulum ini, yang menempatkan pendidik sebagai fasilitator dan motivator dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan agar implementasi Kurikulum Merdeka dapat lebih mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dan karakter bangsa sesuai dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara guna mewujudkan pendidikan yang relevan dan bermakna bagi masyarakat Indonesia.
References
Dwipratama, A. A. (2023). Study of Ki Hadjar Dewantara's educational thinking and its relevance to kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 20 (1), 39-41.
Fikriyah, U., Ainiyah, N., & Kholifah, I. (2025). Analisis Pendidikan Humanistik Ki Hajar Dewantara dalam
Istiq’Faroh, N. (2020). Relevansi Filosofi Ki Hajar Dewantara Sebagai Dasar Kebijakan Pendidikan Nasional
Junaedi, I. K. (2024). Spirit Ki Hadjar Dewantara Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(02), 118-120. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 12 (1), 38–40.
Lestari, D., Asbari, M., & Yani, E. E. (2023). Kurikulum Merdeka: Hakikat kurikulum dalam pendidikan. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 85-88. Konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Journal Educatione, 7 (1), 15–26. Merdeka Belajar di Indonesia. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan, 3 (2), 7-8.
Nanda, A. A., & Prihandono, T. (2025). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum Merdeka.
Rosyah, D. L. A., & Darmawan, P. (2023). Analisis Relevansi Pembelajaran Diferensiasi pada Kurikulum Merdeka dengan Konsep Visi Pedagogik Ki Hajar Dewantara. Jurnal Edukasi dan Budaya Pendidikan, 3 (9), 57–69.
Saifullah, A. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10822–10823.
Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar.
Siswadi, G. A. (2021). Relevansi pemikiran filosofis ki hadjar dewantara terhadap sistem pendidikan hindu. Japam (Jurnal Pendidikan Agama), 1(2), 150.
Sukri, S., Handayani, T., & Tinus, A. (2016). Analisis Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Civic Hukum, 1(1), 33-41.
Witasari, R. (2022). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Kebijakan Pendidikan Merdeka Belajar. Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 1 (1), 5-7.
Yanuarti, E. (2017). Pemikiran pendidikan ki. Hajar dewantara dan relevansinya dengan kurikulum 13. Jurnal penelitian, 11(2), 237-265.
Zahroh, F. A. (2023). Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai Dasar Kurikulum Merdeka. In Prosiding National Conference for Ummah, 2(1), 307-312.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.