Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatf Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Kerja Sama Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran PKN SD Islam Al Azhar 16 Cilacap

Authors

  • Luthfi Rifa’atun Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ana Andriani Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v25i.1767

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Keterampilan Kerja Sama, Keterampilan Komunikasi, PKN, SD Islam Al Azhar 16 Cilacap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap keterampilan kerja sama dan komunikasi peserta didik kelas IV mata pelajaran PKN di SD Islam Al Azhar 16 Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen pretest-posttest dengan desain two group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Islam Al Azhar 16 Cilacap yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian terdiri dari 30 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (15 orang) dan kelompok kontrol (15 orang). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap keterampilan kerja sama (t hitung = 3,42 > t tabel = 2,015) dan keterampilan komunikasi (t hitung = 3,15 > t tabel = 2,015) peserta didik kelas IV mata pelajaran PKN di SD Islam Al Azhar 16 Cilacap. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan keterampilan kerja sama dan komunikasi siswa.

References

Ahmadi, Abu.(2007). Sosiologi Pendidikan. Rineka Cipta : Jakarta

Apriono,D. (2011). Meningkatkan keterampilan kerjasama siswa dalam belajar melalui pembelajaran kolaboratif. E-Journal Unirow, 9(2), hlm 161-168

Arends, I Richard. (2012). Learning to Teach. 9th ed.Mc Graw Hill

Baharuddin, Esa Nur Wahyuni. (2009). Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Child, S. (2016). Collaboration in the 21st century: Implications for assessment. A Cambridge Assessment Publication, 22, 17–22.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E., & Hyun H. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education 8th Edition. San Fransisco: Mc Graw Hill.

Huda, Miftahul. (2014). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jacobs, G. M., & Ivone, F. M. (2020). Infusing Cooperative Learning in Distance Education A perspective on student-student and student-teacher interaction. Jacobs & Ivone 1 The Electronic Journal for English as a Second Language, 1(1), 1–15.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (2021) Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Available at:https://belajar.kemdikbud.go.id/SitusArtikel/pengembangan-kurikulummerdeka-belajar

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Le, H., Jeroen, J.,dan Theo.,W. (2017). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal Of Education,48(1), 110

Lie, Anita. (2014). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta Gramedia Widiasarana.

Maksum, Ali. 2018. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Mendikbud. (2013). Permendikbud No 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2011.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2012). Cooperative learning : student teams. In What research says to the teacher

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sumadi Suryabrata. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wina Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zain, Azwan, & Djamarah, Bahri, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta

Downloads

Published

2025-08-23

How to Cite

Rifa’atun, L., & Andriani, A. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatf Tipe Teams Games Tournament Terhadap Keterampilan Kerja Sama Dan Komunikasi Peserta Didik Kelas IV Mata Pelajaran PKN SD Islam Al Azhar 16 Cilacap. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 25, 648–655. https://doi.org/10.30595/pssh.v25i.1767

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>