Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Video Animasi di SDN Pakujaya 02

Authors

  • Cindy Nuraziza Suhendry Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Nurafni Nurafni Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.886

Keywords:

Video Animasi, Model CIRC, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar Matematika dengan menggunakan model CIRC berbantuan video animasi pada siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment dan pola Posttest Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah Random Sampling.  Pada uji validitas dengan menggunakan Product Moment sebanyak 10 soal esai dengan 8 soal valid dan 2 soal drop. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan rumus Alpha cronbach memperoleh = 0,750 >  0,355, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh  0,159 <  0,161, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji F diperoleh  0,65 < 1,86, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen.  Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh >  1,6991 pada = 0,05 dan 2,787  = 0,01 maka dengan demikian  ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model CIRC berbantuan video animasi pada hasil belajar Matematika siswa kelas V SD.

References

Hanif, M. (2020). The development and effectiveness of motion graphic animation videos to improve primary school students’ sciences learning outcomes. International Journal of Instruction, 13(4), 247–266. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13416a

Hayat, F. (2021). the Effect of Education Using Video Animation on Elementary School in Hand Washing Skill. Acitya: Journal of Teaching and Education, 3(1), 44–53. https://doi.org/10.30650/ajte.v3i1.2135

Laksmi, N. K. ., Yasa, I. K. ., & Mirayani, K. A. M. (2021). The use of animation video as learning media for young. Universitas Pendidikan Ganesha, 42–52.

Maruf, N., & Anjely, A. M. R. (2020). Utilizing Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) with mobile Learning to Enhance Students’ Reading Comprehension. British (Jurnal Bahasa Dan Sastra Inggris), 9(2), 10. https://doi.org/10.31314/british.9.2.10-19.2020

Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903

Munawar, S., & Chaudhary, A. H. (2019). Effect of Cooperative Learning on the Writing Skill at Elementary Level in the Subject of English. Bulletin of Education and Research, 41(3), 35–44.

Oktaningrum, N. A., Heldayani, E., & Selegi, S. F. (2021). Efektivitas Model CIRC Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN 91 Palembang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2850

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Quintanilla, V. A., & Gallardo, J. (2022). Interpreting the relationship between emotions and understanding in mathematics: An operational approach applied to measurement with preservice elementary teachers. Journal of Mathematical Behavior, 68(October). https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2022.101012

Ristanto, R. H., Rahayu, S., & Mutmainah, S. (2021). Conceptual understanding of excretory system: Implementing cooperative integrated reading and composition based on scientific approach. Participatory Educational Research, 8(1), 28–47. https://doi.org/10.17275/per.21.2.8.1

Rosnaeni, R., Dj, M. Z., & Nur, H. (2020). Students’ Metacognitive Awareness and Reading Comprehension of Narrative Texts. IJEE (Indonesian Journal of English Education), 7(1), 73–86. https://doi.org/10.15408/ijee.v7i1.17027

Semara, T. A., & Agung, A. A. G. (2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 99. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.32104

Sri Hariati, P. N., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 6(1), 18–22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657

Syafitri, C. R., & Mansurdin. (2020). Model Cooperative Integrated Reading and Composition sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1335–1346. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/600

Thanheiser, EvaThanheiser, E. (2023). What is the Mathematics in Mathematics Education? Journal of Mathematical Behavior, 70(December 2022), 101033. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2023.101033. (2023). What is the Mathematics in Mathematics Education? Journal of Mathematical Behavior, 70(December 2022), 101033. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2023.101033

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Suhendry, C. N., & Nurafni, N. (2023). Penerapan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan Video Animasi di SDN Pakujaya 02. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 13, 81–84. https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.886