Penyimpangan Perilaku Tokoh dalam Cerita Pendek Karya Guru dan Potensinya sebagai Bahan Edukasi Manajemen Emosi

Authors

  • Main Sufanti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sinta Tri Noviana Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu, Klaten

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1430

Keywords:

Penyimpangan, Perilaku, Cerita Pendek, Edukasi, Manajemen Emosi

Abstract

Cerita pendek karya guru sering menceritakan perilaku tokoh di lingkungannya yaitu  peserta didik dan guru.  Penyimpangan perilaku peserta didik menjadi bahan cerita yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah: (a) mendeskripsikan penyimpangan perilaku tokoh dalam antologi cerita pendek Menembuis Horizon karya Mardisah, dan (b) memaparkan potensi hasil analisis penyimpangan perilaku tokoh  tersebut sebagai bahan edukasi manajemen emosi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data berupa kata, kalimat, maupun paragraf dalam antologi cerpen Menembus Horizon karya Warsidah dan informasi hasil diskusi guru dan dosen.  Data-data ini dikumpulkan dari sumber data antologi cerita pendek Menembus Harapan karya Marsidah yang diterbitkan oleh yayasan Haidayatul Mubtadiin pada 2021 dan peserta diskusi (guru dan dosen).  Data-data dikumpulkan dengan cara dibaca secara cermat, diidentifikasi bagian yang mengandung informasi penyimpangan perilaku, dan diskusi dengan guru dan dosen. Teknik analisis data yang digunakan dengan heuristik dan hermeunitik. Adapun hasil penelitian ini  sebagai berikut. (a) Penyimpangan perilaku tokoh dalam antologi cerita pendek  berupa penyimpangan perilaku individu yang meliputi perilaku lahiriah dan simbolik. (b) Hasil analisis penyimpangan perilaku tersebut dapat dijadikan bahan edukasi manajemen emosi yaitu bahan edukasi menyadari emosi diri dan orang lain, memahami pengalaman emosional, mengatur emosi untuk beradaptasi, serta mengekspresikan emosi.

References

Arikarani, Y., Yanti, H. J., Ngimadudin, N., & Mukmin, T. (2023). Kontrol Guru Pendidikan Agama Islam Mengatasi Perilaku Penyimpangan Akhlak Siswa Di SMP Negeri Muara Beliti. Ej, 5(2), 183–198. https://doi.org/https://doi.org/10.37092/ej.v5i2.420

Astriana, N., Purwitasari, P., & Menungsa, A. S. (2024). Peran Komunikasi Keluarga dalam Membina Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 223–228.

Aziz, A., Rahmatullah, A., & Khilmiyah, A. (2023). Strengthening Mental Toughness through Self-Compassion,Self-Disclosure and Spirituality for Orphanage Adolescents. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 161–182.

Elsada, C. A. (2022). Pengaruh Spiritualitas Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kesejahteraan Karyawan Dengan Perilaku Menyimpang Ditempat Kerja Sebagai Pemoderasi. Aksioma: Jurnal Manajemen, 2(1), 108–122. https://doi.org/https://doi.org/10.30822/aksioma.v1i2.1808

Fernando, A., Dianto, M., & Putri, B. N. D. (2023). Profil Perilaku Menyimpang Remaja di Jorong Makmur Pasaman Timur. Journal on Education, 5(4), 13362–13368. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2343

Garnika, E., & Rohiyatun, B. (2023). Implementasi Manajemen Emosi Pada Ibu Dengan Anak Gangguan Speech Delay. Realita?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 1907. https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7343

Gudban, I. T., & Susilarini, T. (2023). Hubungan Pola Asuh Otoriter Dan Kontrol Diri Dengan Kematangan Emosi Pada Remaja Dengan Orang Tua Tunggal (Single Parent) Di Sman 93 Jakarta. Jurnal Edukasi Dan Multimedia, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.37817/jurnaledukasidanmultimedia.v1i2.2893

Hertinjung, W. S., Septianingrum, A. R. D., & Putri, Y. P. S. (2021). Peningkatan Kompetensi Orang Tua dalam Mendampingi Anak dalam Mengakses Gadget. Warta LPM, 24(2), 187–195. https://doi.org/10.23917/warta.v24i2.11291

Hisyam, C. J. (2018a). Perilaku Menyimpang: Tinjauan Sosiologis. Bumi Aksara.

Hisyam, C. J. (2018b). Perilaku Menyimpang: Tinjauan Sosiologis. Bumi Aksara.

Hiwatig, B. M. R., Roehrig, G. H., & Rouleau, M. D. (2024). Unpacking the nuances: an exploratory multilevel analysis on the operationalization of integrated STEM education and student attitudinal change. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 6(1). https://doi.org/10.1186/s43031-024-00108-6

Ilham, M., Rosdiana, & Hamka. (2022). Pengaruh Perilaku Menyimpang Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V MIS Tonrong Kab. Bulukumba. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 60–68. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/jipmi

Jannah, W. F., Suyadi, Hariyanto, A. W. R., & Suyoto. (2024). Peran emosi positif pada siswa menggunakan teknik. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 4440–4453.

Kartika, W. C., & Fauji, I. (2024). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam untuk Menanamkan Kecerdasan Spiritual Dalam Mematuhi Peraturan Sekolah. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(1), 408. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v24i1.4280

Laili, A. N., Rakhmawati, D., & Joediati, A. P. (2024). Gambaran Manajemen Emosi Marah Siswa Kelas VII di SMPN 2 Semarang. Jurnal Fokus Konseling, 10(2), 80–85. https://doi.org/10.52657/jfk.v10i2.2390

Limbong, D. Q., & Maharani, S. (2024). Pertumbuhan, Perkembangan dan Peserta Didik [Growth, Development and Students]. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1911–1918. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12677

Lukum, R., Hamid, S. Al, Nggilu, A., & Kilo, H. N. R. (2023). Pentingnya Mencegah Perilaku Menyimpang Pada Peserta Didik Di Smk Negeri 2 Gorontalo Utara. Communnity Development Journal, 4(4), 9179–9182. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20391

Miana, S. U., & Suroso. (2020). Deconstruction of Heroism Short Story Dongeng Rama dan Sinta by Sapardi Djoko Damono. 461(Icllae 2019), 325–331. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200804.064

Mulidah, N., & Saleh, A. (2022). Pengaruh Keluarga Broken Home Terhadap Perilaku Penyimpangan Siswa Di SMP Negeri 2 Plered. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(01), 73–105. https://doi.org/https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.05

Muthmainah. (2021). Peran Guru dalam Melatih Anak Mengelola Emosi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 63–76. https://doi.org/.org/10.24853/yby.6.1.63-76

Nisa, D. L. S., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Dampak Penerapan Tata Tertib Sekolah dengan Sistem Kredit Poin terhadap Kedisiplinan Peserta Didik. Paidea?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/paidea.v3i2.1715

Nugraha, D. (2024). Pengembangan Literasi Manusia melalui Isu Peran Gender dengan Pemanfaatan Cerita Pendek “Perempuan Itu Pernah Cantik.” Sasindo, 12(1), 130–145. https://doi.org/10.26877/sasindo.v12i1.18382

Nurhasanah, N., & Hasibuan, M. F. (2024). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Control Bermuatan Konsep STOIS dalam Mereduksi Emosi Negatif pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 01 Medan The Effectiveness of Self-Control Technique Group Counseling Services Containing the STOIS Concept. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1360–1365. https://doi.org/https://doi.org/10.56832/edu.v4i2.482

Nurrohman, U. A., Rafiyana, D., & Sufanti, M. (2022). Pergeseran Watak dan Pesan Moral Cerita Bawang Merah dan Bawang Putih Pada Era Digital (Shifting Character and Moral Message of Bawang Merah and Bawang Putih Stories in the Digital Age). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 414. https://doi.org/10.24235/ileal.v7i2.10059

Nusantari, A. U., Mujono, E., & Agan, L. (2022). Pendidikan Agama Kristen , Musik Gerejawi , Teologi-Konseling Kristen. Jurnal Penabiblos, 13(2), 18–21.

O’Connor, B., & Park, M. (2023). Exploring the influence of collaborative data-based decision making among teachers in professional learning communities on teaching practice. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s43031-023-00086-1

Permatasari, S. A., & Royanto, L. R. M. (2023). Controlled Motivation in Explaining Student Engagement on Adolescents of Authoritarian Parents Sekarini. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 140–152.

Prasetyo, A. (2022). Peningkatan Kualitas Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Sekolah Menengah Pertama. Pelita?: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 2(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/pelita.v2i1.1530

Purnomo, E., & Wahyudi, A. B. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dalam Ungkapan Hikmah di SD se-Karesidenan Surakarta dan Pemanfaatannya di Masa Pandemi. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 183–193. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.561

Rahmat, N. isnaeni, Hastuti, I. D., & Nizaar, M. (2023). Analisis Faktor-Faktor yang Menyebabkan Bullying di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 7(6), 3804–3815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6432

Rakhmat, J. (2020). Psikologi Anak. Mizam Publishing.

Riswanto, P., & Zulfadhli. (2023). Potret Perilaku Menyimpang dalam Novel Tiba Sebelum Berangkat Karya Faisal Oddang. PERSONA: Language and Literary Studies, 2(2), 287–294.

Saqifah, A., Sumayyah, Nawang, T., & Zulida, N. (2024). Intervensi Pengendalian Emosi pada Santri Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI), 4(4), 739–744. https://doi.org/https://doi.org/10.52436/1.jpmi.2831

Sholekhah, V. P., Sabardila, A., & Setiawaty, R. (2021). Perilaku Budaya Konsumtif Petani Penggarap yang Memiliki Samben Pemelihara Sapi (Studi Masyarakat Desa Jati Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen). Sosial Budaya, 18(1), 12. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.11660

Sidharta, M. V., Harto, S., Sujiono, S., Sudarto, S., Sadikah, A. A., Purnomo, D. T., & Maryani, D. (2024). Meditasi: Studi Perspektif Dan Pengaruhnya Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Buddhis. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 9(2), 152–157. https://doi.org/10.53565/abip.v9i2.1111

Sudarto, Jafar, M. I., & Madaniah, M. (2023). Perilaku Menyimpang Yang “Sering” Dilakukan Oleh Siswa Kelas Tinggi Sdn 15 Jolle Tahun Ajaran 2022/2023. Journal of Educational and Language Research, 2(10), 1153–1158. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/joel.v2i10.5756

Sufanti, M., Noviana, S. T., & Febriyanti, R. (2024). Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid-19 sebagai Bahan Edukasi Penguat Karakter Pelajar Pancasila. University Research Colloqium (URECOL), 1(1), 172–183.

Sufanti, M., Purwati, P. D., & Cahyati, J. N. (2022). Cerita Pendek Berlatar Pandemi Covid-19 sebagai Bahan Edukasi Karakter Berkebhinekaan Global. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/bahasa.v4i1.160

Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05

Sulistiyorini, C. I., Cahyono, D., & Sanosra, A. (2023). Analisis Spritualitas dan Stres Kerja terhadap Perilaku Menyimpang di Tempat Kerja dengan Ketaqwaan sebagai Pemediasi di Kalangan Karyawan Universitas Jember. BUDGETING?: Journal of Business, Management and Accounting, 4(2), 265–281. https://doi.org/10.31539/budgeting.v4i2.4174

Surodiana, S. (2020). Peran Kearifan Lokal Suku Sasak di Era Disrupsi dalam Menangkal Perilaku Menyimpang pada Kalangan Siswa di MAN 1 Lombok Timur. Jurnal Paedagogy, 7(3), 156–167. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2646

Suzanna, E., Junita, N., & Syahrial, S. (2023). Manajemen Emosi Pada Remaja Dalam Mencegah Perilaku Bullying Di Pondok Pesantren Al-Muslimun Lhoksukon. Gotong Royong?: Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 2(2), 37–41. https://doi.org/10.51849/jp3km.v2i2.27

Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14

Yonada Viossa Kisda, Anzela Ravika, & Aisyah Septarina. (2024). Analisis Peran Sekolah dalam Mengatasi Masalah Perilaku Menyimpang Siswa di SDN 08 Indralaya Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2(3), 78–86. https://doi.org/10.59024/jipa.v2i3.738

Downloads

Published

2024-11-30

How to Cite

Sufanti, M., & Noviana, S. T. (2024). Penyimpangan Perilaku Tokoh dalam Cerita Pendek Karya Guru dan Potensinya sebagai Bahan Edukasi Manajemen Emosi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20, 410–419. https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1430