Implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal “Ukel Samodana” dalam Membangun Kemampuan Entrepreneurship Peserta Didik SMP Negeri 2 Brebes
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1359Kata Kunci:
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kearifan Lokal, Kompetensi EntrepreneurshipAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan mengangkat tema kearifan lokal yang diberi judul Ukel Samodana dalam menumbuhkan kompetensi entrepreneurship pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara observasi, wawancara, literasi dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah peserta didik SMP Negeri 2 Brebes kelas 7 dan 8 tahun pelajaran 2023/2024 yang mengikuti kegiatan projek tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Projek ini berhasil meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan respon positif dari peserta didik. Projek ini juga terbukti efektif dalam mengembangkan kompetensi entrepreneurship pada peserta didik seperti kreativitas, inovasi, kepemimpinan, dan kemampuan bekerja sama dengan tim, selain itu peserta didik ditanamkan karakter menghargai kearifan lokal yang ada di daerahnya seperti batik Salem khas Brebes dan Samodana sebagai makanan khas masyarakat Brebes. Hal ini dapat membantu peserta didik memahami pentingnya menjaga dan melestarikan budaya bangsa sebagai sumber daya yang unik dan bernilai dalam mengembangkan usaha. Penelitian ini menunjukkan adanya penguatan karakter dan nilai-nilai Pancasila dalam diri peserta didik, yang merupakan pondasi penting bagi seorang entrepreneur di masa depan. Kesimpulannya bahwa implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema kearifan lokal terbukti efektif dalam menumbuhkan kompetensi entrepreneurship pada peserta didik melalui pengalaman belajar yang integratif dan kontekstual.
Referensi
Anggraini, G. O., & Wiryanto, W. (2022). Analysis of Ki Hajar Dewantara’s Humanistic Education in the Concept of Independent Learning Curriculum. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549
Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001–1006. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373
Dwiputri, F. A., Anggraeni, D., Guru, P., Dasar, S., Kunci:, K., Pancasila, N.-N., Siswa, K., & Karakter, P. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1267–1273.
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Hasanah, N., Utomo, M. N., & Hamid, H. (2018). Hubungan Kompetensi Kewirausahaan Dan Kinerja Usaha. Jurnal Manajemen Insight, 13(2), 27–38.
Hemafitria. (2019). khususnya dalam ranah budaya yang ada di salah satu daerah Kalimantan Barat yaitu pada karakter sumberdaya manusia . beragama Islam dan memang Melayu identik dengan orang Islam atau Muslim . khazanah keilmuan atau pendidikan . Bagi budayawan sebagai media. 3, 121–132.
Hidayat, H., Herawati, S., Hidayati, A., & Syahmaidi, E. (2018). Pembelajaran Kewirausahaan Dengan Pendekatan Berbasis Produksi Sebagai Alternatif Mempersiapkan Lulusan Berkualitas Di Pendidikan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 123–129. https://doi.org/10.25105/pakar.v0i0.2709
Khairunisa, L., Diah Utami, R., & Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar, I. (2023). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Kearifan Lokal Bagi Siswa Sekolah Dasar How to cite. Jurnal inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 7(2), 262–273. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/indexJournalDOI:https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i2
Manuhutu, S. (2023). Sosialisasi Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila (P5) Melalui Kewirausahaan Berbasis Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Seram Bagian Barat (SBB). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Arumbai, 1(1), 42–47. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/arumbai
Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Puspita, R. H. (2019). Pengaruh Konsep Diri, Pengalaman, Dan Motivasi Terhadap Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 14(2), 93–102. https://doi.org/10.21009/jiv.1402.2
Rahmadani, A., Anggrayni, H. Z., Maghfirah, N. M. R., & Jamila, N. (2024). Kearifan Lokal Sebagai Implementasi P5 Pada Kurikulum Merdeka. Populer: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 3(1), 145–151.
Rakib, M., & Makassar, U. N. (2023). Bisnis Kreativitas dan Inovasi (Nomor October 2022).
Rusmana, D. (2020). Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 17. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p17-32
Simamora, Y. A., & Sibarani, R. (2022). Tradisi Permainan Rakyat pada Etnik Batak Toba: Kajian Kearifan Lokal. Journal of Language Development and Linguistics (JLDL), 1(2), 71–86. https://journal.formosapublisher.org/index.php/jldl
Suharyono. (2017). Sikap Dan Perilaku Wirausahawan. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 10(1), 38.
Suttrisno, S., & Rofi’ah, F. Z. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Guna Mengoptimalkan Projek Penguatan Pelajar Pancasila Madrasah Ibtidaiyah Di Bojonegoro. Pionir: Jurnal Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17480
Tri Sulistiyaningrum, & Moh Fathurrahman. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk
Wagiran. (2011). PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN KEARIFAN LOKAL DALAM MENDUKUNG VISI PEMBANGUNAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2020 (Tahun Kedua). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan N, 3(5), 1–29.
Yasa, I. W. P., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mewujudkan Pelajar Indonesia Pancasilais: Peluang Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 6(2), 239. https://doi.org/10.17977/um0330v6i2p239-253
Yuniarto, B., Mubarok, A., Ridho, A., Rozihi, R., & Nadia, N. (2022). Peran Humaniora Terhadap Tradisi Sedekah Laut. Jurnal sosial dan sains, 2(11), 1227–1235. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v2i11.520
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.