Pembelajaran Membaca Sastra (Puisi) Berbasis Teknologi di Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1428Keywords:
Pembelajaran, Membaca Sastra (Puisi), Teknologi, Perguruan TinggiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran membaca sastra (puisi) berbasis teknologi di Perguruan Tinggi. Metode penelitian ini menerapkan pendekatan tinjauan pustaka (library research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara mencari referensi dan menyusun informasi dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan penelitian yang telah ada. Teknik analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Hasil pembahasannya menunjukan bahwa pembelajaran membaca sastra (puisi) di Perguruan Tinggi sudah berbasis teknologi, hal itu dibuktikan bahwa dengan menggunakan media tiktok, website, facebook, instagram dan youtube pembelajaran sastra (puisi) mendapatkan respon positif dari mahasiswa. Penggunaan media tiktok, website, facebook, instagram dan youtube juga memudahkan mahasiswa untuk belajar membaca puisi secara mandiri sehingga mahasiswa lebih memiliki kebebasan berkreativitas.
References
Cintya Nurika Irma, Bagiya, Siti Vitandari Yudmianti. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Apresiasi Puisi Melalui Pemanfaatan Media Sosial Pada Mahasiswa Di Universitas Peradaban. Prosodi: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra. Volume 17 No. 1.
Creswell, John W. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantittatif dan Campuran. Yogya: Pustaka Pelajar.
Eka Nova Ali Wardani (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Pada Mata Kuliah Puisi Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. JURNAL IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS. Volume 10 No. 2.
Fitriana, D. E., Sukirno, S., & Sholeh, K. (2017). Peningkatan keterampilan membaca puisi dengan metode amati, tiru, dan modifikasi (ATM) pada siswi kelas VII SMP negeri 26 Purworejo tahun pelajaran 2017. Surya Bahtera, 5(48), 616-621.
Inderasari, Elen. (2017). “Experiental Learning dalam Kemampuan Apresiasi Puisi Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Surakarta”. Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Volume 3 (1), p. 23-32.
Leksono, Karina. (1999). Membaca dan Menulis: Sebuah Pengayaan Eksistensi. Makalah yang disajikan pada Simposium Peran Buku dalam Masyarakat Baru Indonesia yang
diselenggarakan oleh Yayasan Obor Indonesia pada Februari 1999.
Mulawarman dan Aldilia Dyas Nurfitri. (2017). “Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan”. Jurnal Buletin Psikologi. Vol. 25 (1), p. 36-44.
Nasrullah, R. 2015. Media sosial (perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Rohana. (2014). Implementasi pembelajaran apresiatif untuk meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa kelas VII B1 SMP Negeri 6 Singaraja. E-Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume: Vol: 2 No: 1
Taylor, Dena dan Margaret Procter. (2010). “The Literature Review: A Few Tips on Conducting It” dimuat dalam laman University Toronto Writing Center. ctl.utsc.utoronto.ca/twc/sites/default/files/LitReview.pdf.
Woolf, Virginia. (1963). How Shuold One Read a Book dalam Gateway to the Great Books:Critical Essay. Vol. 5. London: Wiliam Benton.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.