Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Mia Sustiawati Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Zakiyah Zakiyah Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.291

Keywords:

Pembelajaran Online (E-Learning), Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran online (e-learning) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP N 1 Kalimanah, Purbalingga tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik. Populasi dalam penelitian berjumlah 530 siswa yang merupakan siswa kelas 7 dan 8 dengan sampel penelitian berjumlah 53 orang yaitu 10% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara pembelajaran online (e-learning) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP N 1 Kalimanah, Purbalingga tahun ajaran 2020/2021. Hal tersebut diperoleh dari hasil rxy sebesar -0,185 yang kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,279 maka rxy lebih kecil dari rtabel(-0,185<0,279), sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,361, maka rxy lebih kecil dari rtabel(-0,185<0,361) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima, selanjutnya hasil rxy sebesar -0,185 terletak pada interpretasi nilai r antara 0,00-0,20 dimana variabel X dan Y terdapat korelasi, akan tetapi korelasi itu sangat lemah atau rendah.

References

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate. Edisi 8. Semarang Universitas Diponegoro

Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

Sustiawati, M., & Zakiyah, Z. (2022). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 4, 38–43. https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.291