Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v4i.291Keywords:
Pembelajaran Online (E-Learning), Hasil Belajar Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran online (e-learning) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP N 1 Kalimanah, Purbalingga tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus statistik. Populasi dalam penelitian berjumlah 530 siswa yang merupakan siswa kelas 7 dan 8 dengan sampel penelitian berjumlah 53 orang yaitu 10% dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara pembelajaran online (e-learning) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP N 1 Kalimanah, Purbalingga tahun ajaran 2020/2021. Hal tersebut diperoleh dari hasil rxy sebesar -0,185 yang kemudian dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,279 maka rxy lebih kecil dari rtabel(-0,185<0,279), sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,361, maka rxy lebih kecil dari rtabel(-0,185<0,361) sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima, selanjutnya hasil rxy sebesar -0,185 terletak pada interpretasi nilai r antara 0,00-0,20 dimana variabel X dan Y terdapat korelasi, akan tetapi korelasi itu sangat lemah atau rendah.
References
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate. Edisi 8. Semarang Universitas Diponegoro
Siregar, Syofian. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.