Strategi Menghadapi Tantangan Membangun Profil Pelajar Pancasila di Era Digitalisasi

Authors

  • Shanty Widyastuti Universitas PGRI Yogyakarta
  • Tarto Tarto Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.685

Keywords:

Strategi Menghadapi Tantangan, Membangun Profil Pelajar Pancasila, Era Digitalisasi

Abstract

Salah satu landasan pijakan berpikir dalam pembangunan Pendidikan Indonesia adalah melahirkan manusia Indonesia yang mampu bersaing dalam percaturan global dengan tetap menjadi kepribadian Pancasila Penulis mengkaji pengertian Profil Pelajar Pancasila dan pengertian Era Digitalisasi terlebih dahulu. Kajian selanjutnya mengenai tantangan yang dihadapi dalam membangun Profil Pelajar Pancasila kemudian menguraikan strategi menghadapi tantangan tersebut di Era Globalisasi. Profil Pelajar Pancasila  menjadi wujud karakter nilai -nilai Pancasila yang diharapkan dimiliki peserta  didik. Perkembangan Era Digitalisasi yang tidak terbendung harus bis disikapi dengan bijak agar terhindar dari negatifnya. Tatangan utama generasi muda dalam perkembangan digital adalah untuk tidak hanyut dan menjadi korban dari sisi negatif  kemajuan teknologi. Perkembangan digital berpengaruh besar terhadap pelajar dan menjadi korban dari sisi negatif  kemajuan teknologi. Kondisi ini mendorong munculnya berbagai kendala yang menjadi tantangan dalam membangun Profil Pelajar  Pancasila di era digitalisasi. Berbagai tantangan tersebut membutuhkan strategi yaitu tindakan efektif dan efisien untuk mengatasinya agar tidak menjadi kendala dalam membangun Profil Pelajar Pancasila.

References

Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W. (2021). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Terdapat pada: riset.unisma.ac.id/index.php/JISoP/article/view/4945/. Diakses pada 24 Maret 2023

Febriani, Nufian S & Wayan Weda Asmara Dewi, Perilaku Konsumenn Di Era Digital ( Beserta Studi Kasus ), Malang: UB Press,2019.

https://accurate.id/teknologi/era-digital/ diunduh pada Hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 pukul 13.11 WIB

https://kumparan.com/kabar-harian/pengertian-era-digital-dan-dampaknya-untuk-kehidupan-manusia-1wvfOV0vP29 diunduh pada Hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 pukul 13.16 WIB

https://digitalbisa.id/artikel/baik-buruknya-teknologi-digital-bagi-kehidupan-masyarakat-qAte9 diunduh pada Hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 pukul 13.18 WIB

https://www.kemenkopmk.go.id/tantangan-pemuda-indonesia-di-era-digital diunduh pada Hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 pukul 13.36 WIB

https://bobo.grid.id/read/083466748/contoh-peluang-tantangan-dan-tujuan-pengamalan-pancasila-di-era-digital-bagi-para-pelajar?page=all diunduh pada Hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 pukul 13.45 WIB

https://www.lemhannas.go.id/index.php/berita/berita-utama/844-pancasila-di-tengah-era-globalisasi diunduh pada Hari Kamis tanggal 23 Maret 2023 pukul 13.48 WIB

https://nasional.sindonews.com/berita/1462974/14/tangkal-ideologi-asing-lewat-penguatan-pemahaman-pancasila diunduh pada Hari Jumat tanggal 24 Maret 2023 pukul 14.15 WIB

https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/913-peran-orang-tua-dalam-pengawasan-penggunaan-gadget-pada-anak diunduh pada Hari Jumat tanggal 24 Maret 2023 pukul 14.26 WIB

https://bapenda.jabarprov.go.id/2017/01/03/awas-bahaya-hoax/ iunduh pada Hari Jumat tanggal 24 Maret 2023 diunduh pada Jumat tanggal 24 Maret 2023 pukul pukul 15.07 WIB

https://www.kominfo.go.id/content/detail/11347/cara-cerdas-mencegah-penyebaran-hoaks-di-medsos/0/sorotan_media diunduh pada Hari Jumat tanggal 24 Maret 2023 pukul 15.15 WIB

https://www.kompas.com/skola/read/2021/11/10/150000669/dampak-tidak-menerapkan-sila-pancasila-dalam-kehidupan-sehari-hari diunduh pada Hari Jumat tanggal 24 Maret 2023 pukul 15.20 WIB

https://www.unpad.ac.id/2020/08/perlu-strategi-khusus-mengamalkan-pancasila-di-generasi-milenial/ diunduh pada Jumat tanggal 24 Maret 2023 pukul 15.25 WIB

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Widyastuti, S., & Tarto, T. (2023). Strategi Menghadapi Tantangan Membangun Profil Pelajar Pancasila di Era Digitalisasi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 139–144. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.685

Most read articles by the same author(s)