Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Ketrampilan Individu dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 7 Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.679Kata Kunci:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Ketrampilan Individu, Hasil Belajar, Studi Literatur, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa efektivitas penerapan pembelajaran berdiferensiasi meningkatkan ketrampilan individu dan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 7 Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan ketrampilan individu dan hasil belajar IPS siswa. Dalam studi literatur, ditemukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa, keterampilan individu, dan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dengan melibatkan 34 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi efektif dalam meningkatkan ketrampilan individu dan hasil belajar IPS siswa.
Referensi
Kompas, “Pembelajaran Berdiferensiasi: Manfaat, Ciri, dan Contoh Penerapannya.” https://www.kompas.com/edu/read/2022/09/20/160400771/pembelajaran-berdiferensiasi--manfaat-ciri-dan-contoh-penerapannya%0A%0A
“https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/28463/13759”.
“https://www.simplypsychology.org/multiple-intelligences.html”.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.