Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Aplikasi Canva Materi Bioteknologi Kelas X SMA Negeri 4 Purwokerto
DOI:
https://doi.org/10.30595/pssh.v13i.875Kata Kunci:
Media Audiovisual, Canva, BioteknologiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audiovisual berbasis aplikasi canva materi bioteknologi kelas X di SMA Negeri 4 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari (1) define (2) design (3) develop dan (4) disseminate. Metode pengumpulan data menggunakan lembar angket atau kuisioner. Instrumen pada penelitian menggunakan lembar angket validasi ahli, lembar angket validasi guru dan lembar uji kepraktisan peserta didik. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan cara menghitung jumlah skor dari angket yang diperoleh menggunakan presentase. Hasil penilaian dari ahli media dan materi memperoleh rata- rata 79,22% dengan kategori sangat layak. Penilaian dari ahli guru memperoleh 90,00% dengan kategori sangat layak. Penilaian dari uji kepraktisan peserta didik memperoleh 83,66% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian produk media audiovisual berbasis aplikasi canva materi bioteknologi kelas X di SMA Negeri 4 Purwokerto yang dibuat peneliti sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Referensi
Akhyar, M. Salman. 2004. Biologi untuk SMA kelas 1 semester 2. Bandung: Grafindo Media Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Ari Prayoga, Dito. Media Pembelajaran Mengenal Jenis Bantuan Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android 3. (2018): 64-73
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Asyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Campbell, N.A., Reece, J.B., & Mitchell, L.G. (2008). Biologi Edisi Kedelapan Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dita Rahma. 2020. Pengembangan dan Uji Kelayakan Game Edukasi Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII SMP pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Purwokerto: FKIP UMP Elvira, Rahma. Tanjung dan Delsina Faiza. 2019. Canva Sebagai Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, ISSN: 2302-3295, Vol. 7, No. 2.
Garris Pelangi, (2020), “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, Vol. 8, No. 2, hlm 81-82. Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hidayati, D. (2013). Pola Pertumbuhan Ragi pada Fermentasi Kulit Singkong. Argointek. 7(1): 89-100 hal
Ishak, A dan Deni Darmawan. 2013. Teknologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Kusumawati, Rohana dan Wigati Hadi Omegawati. 2013. BIOLOGI untuk SMA/MA Kelas XII. Klaten: Intan Pariwara
Legendari, Megan Antropa dan Hendri Raharjo. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Bangun Ruang Kubus dan Balok Kelas VIII di SMP N 1 Ciledug.” Eduma5, no. 1 (2016): h. 70-79.
Lestari Bambang, Sarjan N. Husain dan Amran Rade, “Penerapan Pembelajaran Media Audio Visual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas VIII A SMP GKST Imanuel Palu,” Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako 4, no. 1 (2015): h. 24.
Oktira, Yona Syaida, Ardipal, dan Jagar L. Toruan. “Penggunan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Belajar Seni Budaya.” E Jurnal Sendratasik 2, no. 1 (2013): h. 63-72.
Pratama Aryulina, Diah dkk. 2004. Biologi SMA untuk kelas X. Jakarta: ESIS
Probowati, Inayah.2014. Pengembangan Media Pembelajaran Mekanika Teknik Berbasis Animasi di SMK Teknik Gambar Bangunan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi S1. Surakarta: FKIP UNS.
Rinanto, Andre. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius, 1982. Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Suleiman, Amir Hamzah. 1985. Media Audiovisual untuk Pengajaran. Jakarta: Gramedia Syamsuri, Istamar dkk. 2004. Biologi untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga
Thiagarajan, S., et al. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children a Sourcebook. Bloomington: Center for innovation on Teaching the Handicaped. Winarno, F.G. (1999). Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Proceedings Series on Social Sciences & Humanities
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.