Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Era Digital Berorientasi Multikultural

Penulis

  • Andriyanto Kurniawan Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Farida Nugrahani Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Mukti Widayati Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1374

Kata Kunci:

Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Film Kartun Sopo Jarwo Nilai Multikultur, Profil Pelajar Pancasila, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguatkan pemahaman siswa terkait nilai multikultur yang terkandung dalam film kartun Sopo Jarwo sebagai salah satu media pembelajaran sastra berbasis digital di sekolah dasar. (2) Mengimplementasikan nilai multikultur dalam film kartun Sopo Jarwo sebagai aksi nyata projek penguatan profil pelajar Pancasila melalui kemampuan berbahasa dalam kurikulum merdeka pada siswa kelas V SD Negeri 1 Jati Gatak Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Data berupa frasa, kata, kalimat, dan wacana yang termasuk nilai-nilai multikultur dalam film kartun Sopo Jarwo episode 1-10 dan keterampilan berbahasa siswa di sekolah yang bersifat komunikatif. Sumber data diperoleh melalui  kepala Sekolah, guru dan siswa serta tayangan film kartun Sopo Jarwo episode 1-10 yang diakses secara online melalui Youtube. Metode penelitian ialah kualitatif dengan pendekatan semiotik dan deskriptif interaktif Hasil penelitian menunjukkan (1) dengan adanya media pembelajaran sastra berbasis digital melalui film kartun Sopo Jarwo episode 1-10 di sekolah dasar dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna dengan berorientasi multikultural. (2) Aspek pengetahuan, ketrampilan, dan sikap siswa dominan berorientasi pada bahasa yang mengandung makna  multikultur dan relevan dengan konten profil pelajar Pancasila, serta (3) kemampuan berbahasa siswa lebih santun dan komunikatif  ditandai perilaku maupun tuturan yang menunjukkan esensi nilai multikultur dalam film kartun Sopo Jarwo. 

Referensi

Adhiti, Ida Ayu Iran, Gede Sidi Artajaya, and Ida Ayu Pristina Pidada. 2022. “Pemahaman Keterampilan Berbahasa Pada Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” In Seminar Bahasa, Sastra, Dan Pengajaranya (Pedaditra II), 56–63. Bali: PBID, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

Amalina, Sharfina Nur. 2022. “Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Indonesia Berbasis Pendidikan Multikultural.” Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual 7 (4): 853. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i4.1182.

Anang, Makruf. 2024. “Pembelajaran Berbasi Kearifan Lokal Terintegrasi Budaya Bima Penguatan Profil Belajar Pancasila Di Sekolah Dasar.” J-PAL: Jurnal Pendidikan, Budaya Dan Literasi 1 (1): 16–34. https://jurnalpraksis.com/index.php/jpal/article/view/9.

Andayani, Makruf Akbar, and Robinson Situmorang. 2019. “How Is The Program Planning for Strengthening Character Education in Elementary Schools.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 6 (6): 776–82. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/1216.

Ati, Aster Pujaning, and Sigit Widiyarto. 2020. “Literasi Bahasa Dalam Meningkatkan Minat Baca Dan Menulis Pada Siswa SMP Kota Bekasi.” Basastra 9 (1): 105–13. https://doi.org/10.24114/bss.v9i1.17778.

Auliawati, Sri, Ahmad Rabi’ul Muzzamil, and Agus Syahrani. 2020. “Analisis Implikatur Dalam Serial Animasi Adit Sopo Jarwo.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 9 (1): 1–10.

Ayub, Syahrial, Joni Rokhmat, Ahmad Busyairi, and Dhila Tsuraya. 2023. “Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8 (1b): 1001–6. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373.

Aziz, I A, and R Rachmawati. 2024. “Implementation of Character Education through Project Activities Expo in the Emancipated Curriculum Based on Sundanese Culture at Junior High Schools.” Journal of Innovation in Educational and Cultural Research 5 (2): 284–91. https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i2.812.

Azizah, Siti Nur. 2023. “Analisis Nilai Karakter Dalam Film Animasi Adit Sopo Jarwo The Movie Bagi Penguatan Karakter Siswa.” Jurnal Wawasan Pendidikan 3 (24): 661–68. https://doi.org/10.26877/wp.v3i2.12810.

BZ, Zakiyahbz, Mas’us Said, and Junaidi Mistar. 2024. “Reeducation of Pancasila Values through Multicultural Islamic Education with Wasathiyah Insights to Build Community Social Harmony.” International Journal of Integrative Research. PT Multitech Bintang Asia. https://doi.org/10.59890/ijir.v2i2.1449.

Devista, Jesyischa Rizky, and Tito Tri Kadafi. 2021. “Pemanfaatan Laman Web Make Beliefs Comix Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Komik Digital.” Jurnal Pendidikan 30 (2): 153. https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1531.

Farisiyah, Umi, Edi Istiyono, Aminuddin Hassan, Nur Hidayanto P.S. Putro, Yulia Ayriza, Farida Agus Setiawati, and Erwin Syahril Mubarok. 2025. “Psychometric Properties of the Adapted Critical Language Awareness Instrument.” Journal of Education and Learning 19 (1): 404–15. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21436.

Febri Anitasari, Ayu, Hana Minhatul Maula, Fina Fadhilatul Amalia, Aisyah Mudjahidah, and Asep Purwo Yudi Utomo. 2023. “Analisis Kalimat Pada Teks Pembelajaran Buku Pendidikan Kewarganegaraan SMA/SMK Kelas XI Kurikulum Merdeka.” Student Scientific Creativity Journal (SSCJ) 1 (5): 18–29.

Fibonacci, Anita, Asep Kadarohman, Hernani Hernani, and Ika Nur Fitriani. 2024. “Opportunities of Digital Fabrication Laboratory Technology as Innovative Chemistry Pedagogical Tools: Trends and Pre-Service Chemistry Teachers’ Perspective.” Journal of Innovation in Educational and Cultural Research 5 (2): 207–17. https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i2.1342.

Fitrianingtyas, Anjar, Upik Elok Endang Rasmani, Siti Wahyuningsih, Jumiatmoko Jumiatmoko, Nurul Shofiatin Zuhro, Bambang Winarji, and Novita Eka Nurjanah. 2023. “Mengembangkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Di PAUD.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (5): 5675–86. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4970.

Isnendes, Resti. 2024. “Pengembangan Pembelajaran Kemahiran Berbahasa Dalam Menulis Karya Sastra.” Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia 1:55–70.

Istiq, Nurul, Supriyati Fatma Rabia, Zaenal Abidin, Amiruddin Hadi Wibowo, and Ma Thanh Thanh Hoang. 2024. “Local Wisdom-Based Articulate Storyline Application: A New Way to Improve Reading Literacy for Elementary School Students in the West Papua Region Local Wisdom-Based Articulate Storyline Application: A New Way to Improve Reading Literacy for Elementary Sc.” Region. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research 5 (2): 180–87. https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i2.1114.

Jihannita, Jihan, Wirawan Fadly, Rahmi Faradisya Ekapti, Dewi Luthfiana, and Asri Widowati. 2024. “The Development of Science Module Integrated with Ethnoscience of Singo Barong Mask to Improve Scientific Literacy and Cultural Preservation Attitudes.” Journal of Innovation in Educational and Cultural Research 5 (2): 356–63. https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i2.790.

Kosasih, Ayu Nuraini, Sukatmo, and Heri Isnaini. 2023. “Problematika Menulis Teks Cerpen Pada Proses Pembelajaran Siswa.” Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa 1 (1): 51–60. https://doi.org/https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jmpb-widyakarya/article/download/141/149.

Kusmiatun, M.Hum., Ari. 2019. “Pentingnya Tes Kemahiran Berbahasa Indonesia Bagi Pemelajar Bipa Bertujuan Akademik.” Diksi 27 (1). https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26140.

Lestari, Gina. 2015. “Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural Indonesia Di Tengah Kehidupan Sara.” Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 28 (1): 31–37.

Lestariani, Nurlita, Analisis Hasil, Belajar Kognitif, Mahasiswa Melalui, Peningkatan Otonomi Belajar, Dan Literasi, Informasi Digital, Jurnal Pendidikan, and Dan Kebudayaan. 2023. “Analisis Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Melalui Peningkatan Otonomi Belajar Dan Literasi Informasi Digital Analysis of Student Cognitive Learning Achievement Through Increased Learning Autonomy and Digital Information Literacy.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8 (2): 2023. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i2.4392.

Liana, Metta, Dina Fitriyah, Nur Eka Kusuma Hindrasti, Nevrita Nevrita, Eko Febri Syahputra Siregar, and Nur Izzati. 2023. “Pemanfaatan Fitur Pelatihan Mandiri Untuk Mehamami Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8 (2): 138–52. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i2.3872.

Litualy, Samuel Jusuf, Henderika Serpara, and Eldaa Crystle Wenno. 2022. “The Effect of Kahoot! Learning Media on Learning Outcomes of German Language Students.” Journal of Education and Learning (EduLearn) 16 (2): 254–61. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20458.

Mardiyana, Tina, Endang Fauziati, Yeny Prastiwi, and Minsih Minsih. 2023. “A Content Analysis of the Language Quality of Thematic Textbooks for Elementary School Students.” Journal of Education and Learning 17 (2): 229–40. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i2.20573.

Margana, Sri. 2019. “Religion, Communism, and Ratu Adil: Colonialism and Propaganda Literature in 1920s Yogyakarta.” Wacana 20 (2): 233–49. https://doi.org/10.17510/wacana.v20i2.735.

Mukhlis, Muhammad. 2024. “Persepsi Guru Terhadap Pemanfaatan ChatGPT Dalam Mengembangankan Soal Literasi Membaca: Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Di Provinsi Riau.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9 (1): 1–19. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4873.

Nasbey, Hadi. 2023. Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis Digital. Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Abad 21.

Nugraha, Dera, and Aan Hasanah. 2021. “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Budaya Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan) 2 (1): 1. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.40803.

Nugrahani, Farida. 2017. “Penggunaan Bahasa Dalam Media Sosial Dan Implikasinya Terhadap Karakter Bangsa.” Stilistika 3 (1): 1–18.

Nugrahani, Farida, S. Sri Wahono, and Ali Imron. 2019. “Ecranisation of Laskar Pelangi Novel and Its Function as Educative Media (Study of Literature Reception).” Humanities and Social Sciences Reviews 7 (3): 221–27. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7334.

Nursalam, Sulaeman, and Ridhwan Latuapo. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah Dan Ar-Rasyid Banda.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8 (1): 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769.

Oktaviana, Putri Agil, and Sri Katoningsih. 2023. “Metode Tanya Jawab Dengan Media Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7 (3): 3191–3204. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4319.

Pajriah, Sri, Aan Suryana, and Oka Agus Kurniawan Shavab. 2023. “The Importance of Character Education Through History Education in the Era of the Industrial Revolution 4.0.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU). https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i11.5231.

Prasetyo, Muhammad Yanuar Akbar, and Wahyu Sukartiningsih. 2022. “Nilai Karakter Peduli Sosial Film Adit & Sopo Jarwo Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Karakter Siswa SD.” Jurnal Bahasa Dan Sastra IndonesiaSemiotika, 714–24.

Pratiwi, Wiwin Nur, Farida Nugrahani, and Nurnaningsih. 2023. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pengembangan Modul Ajar Unsur Intrinsik Cerita Berbasis PBL.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8 (2): 3593–3611.

Rahmadi, Imam Fitri. 2019. “Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21.” Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 6 (1): 65. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p65-74.

Ramdhani, Intan Sari. 2022. “Evaluasi Pembelajaran Daring Kritik Sastra Melalui Learning Management System.” Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 11 (1). https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i1.5788.

Romario, Ahmad Wawan, Adri Saputra, and Baktiar Nasution. 2023. “Ki Hajar Dewantara Dan Pendidikan Di Indonesia.” Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman 1 (1): 52–60. https://doi.org/10.46781/baitul_hikmah.v1i1.753.

Rustan, Nur Afifah, Bambang Yudi Cahyono, and Rusdiana Junaid. 2023. “Teachers’ Perspectives on Technology-Based Learning for the Kindergarten Students.” Journal of Education and Learning 17 (3): 374–81. https://doi.org/10.11591/edulearn.v17i3.20618.

Saddhono, Kundharu, Herman J. Waluyo, and Yusuf Muflikh Raharjo. 2017. “Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar Di SMA.” JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 6 (1): 16–26. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627.

Santoso, M I, A A Musadad, and H Widyastono. 2024. “The Application of Interactive Multimedia to Improve Student’s Learning Outcome in Property Appraisal Training.” Journal of Innovation in Educational and Cultural Research 5 (2): 261–67. https://doi.org/10.46843/jiecr.v5i2.1539.

Sari, Annisa Herlida. 2024. “Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Penggunaan Media Flashcard.” Kumaracitta?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 01 (02): 63–68.

Saridin, Saridin, Sunhaji Sunhaji, and Kholid Mawardi. 2023. “Multicultural Education Patterns in Elementary Schools in Banyumas District.” International Journal of Social Science and Human Research. Everant Journals. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i3-19.

Savitri, Hani Eria, Benedictus Sudiyana, and Sri Wahono Saptomo. 2022. “Fungsi-Fungsi Komunikatif Dalam Struktur Teks Artikel Ilmiah Bidang Kebahasaan.” Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia 2 (1).

Septina, Gista, Heru Setiawan, and Siti Munifah. 2024. “Nilai Sosial Dalam Novel Canai Karya Panji Sukma (Kajian Sosiologi Sastra).” Jurnal Bahasa Dan Sastra 11 (1): 40–46. https://doi.org/10.60155/jbs.v11i1.212.

Setyaningrum, Linda Wahyu, Andayani, and Kundharu Saddhono. 2019. “Pembelajaran Afiks Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.” Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 1 (2): 49–61. https://doi.org/10.22236/imajeri.v1i2.5067.

Song, Xiaojing. 2024. “Factors Affecting Parents’ Choice of Early Childhood Education in Hong Kong: An Exploratory Study.” International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods. European Centre for Research Training and Development. https://doi.org/10.37745/ijqqrm.13/vol12n12455.

Subekti, Yohana, and Mukti Widayati. 2019. “Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas IV Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.” Stalistika 5 (1): 105–12.

Susilawati, Samsul, Nikmatuz Zuhro, and Sitti Annijat Maimunah. 2020. “Pembelajaran Lintas Budaya Dalam Menanamkan Nilai Sosial Bagi Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 4 (1): 21–28. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.336.

Sutiyono, Sutiyono. 2022. “Analisis Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman.” Journal of Nusantara Education 2 (1): 1–10. https://doi.org/10.57176/jn.v2i1.39.

Sutjipto, Sutjipto. 2017. “Implementasi Kurikulum Multikultural Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 2 (1): 1–21. https://doi.org/10.24832/jpnk.v2i1.618.

Suyatno, and Susilowati Juharni. 2023. Teori Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Pada Higher Order Thinking Skills. Edited by Putra.S. Setia. Yogyakarta: K-Media.

Trisna, Sukma, and Yonata Putu. 2017. “Pengembangan Pendidikan Multikultur Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1 (2): 107. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10145.

Unun Pratiwi, Veronika, Nofrahadi, Apri Pendri, Dina Komalasari, and Sumawarti. 2021. “Menggunakan Media Audiovisual Pada Siswa Sekolah Dasar.” GERAM (Gerakan Aktif Menulis) 9 (1): 30–37.

Wahyuningsih, Ika, Hassan Suryono, and Machmud Al Rasyid. 2018. “Hubungan Kemampuan Siswa Dalam Mengidentifikasi Keberagaman Suku, Agama, Ras, Dan Antargolongan Dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.” PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan 13 (2): 105. https://doi.org/10.20961/pknp.v13i2.26592.

Widayati, Mukti, Benedictus Sudiyana, and Nurnaningsih Nurnaningsih. 2023. “Muatan Kearifan Lokal Dalam Teks Lagu Anak Berbahasa Jawa Sebagai Penanaman Pendidikan Karakter Di Sekolah.” JENTERA: Jurnal Kajian Sastra 12 (1): 145. https://doi.org/10.26499/jentera.v12i1.5991.

Widiastuti, Siwi, Harun Harun, Nur Cholimah, and Fitriana Tjiptasari. 2024. “Implementasi Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Proyek Untuk Anak Usia Dini Pada Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9 (1): 85–109. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4631.

Widyastuti, Ana. 2022. “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka PAUD.” Referen 1 (2): 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504.

Wulandari, Desy. 2024. “Implementasi Program Pemajuan Kebudayaan Desa: Tinjauan Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9 (1): 20–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4489.

Zarra-Nezhad, Maryam, Katja Suhonen, and Nina Sajaniemi. 2024. “Keeping Early Social-Emotional Learning Developmental: The Development, Implementation, and Preliminary Evaluation of a Preventive Intervention Program for Early Childhood Education and Care.” International Journal of Developmental Science. IOS Press. https://doi.org/10.3233/dev-220332.

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Kurniawan, A., Nugrahani, F., & Widayati, M. (2024). Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Era Digital Berorientasi Multikultural. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 20, 252–266. https://doi.org/10.30595/pssh.v20i.1374