Analisa Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 3 Paguyangan

Penulis

  • Karso Satum Edi Pramono Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Beny Wijarnako Kertopati Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1514

Kata Kunci:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Implementasi Kurikulum Merdeka

Abstrak

Seiring berjalannya waktu pendidikan di Indonesia terus mengalami perubahan yang menghasilkan metode, model maupun desain pembelajaran demi kualitas pendidikan yang lebih baik dan menjawab tantangan serta perubahan yang terjadi dari masa ke masa dengan menerapkan kurikulum merdeka belajar yang bertujuan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan serta memberikan kebebasan bagi para guru dalam pembelajaran yang disesuaikan dengan minat, bakat serta kebutuhan belajar peserta didik. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan modifikasi empat elemen terkait kurikulum yakni konten, proses dan produk yang berpengaruh pada kebutuhan, kesiapan, minat, dan profil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 3 Paguyangan. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan pembelajaran berdiferensiasi sudah dapat diterapkan dengan baik, pembelajaran sudah tidak terpusat pada guru dan peserta didik diberi keleluasaan untuk lebih aktif dan kreatif sesuai dengan kebutuhan, minat dan bakat belajarnya. Kurikulum merdeka belajar dapat diterapkan dengan mengutamakan berbasis proyek dalam rangka menerapkan profil pelajar Pancasila melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5 sehingga proses pembelajaran tidak terfokus pada aspek pengetahuan tetapi menekankan juga pada penguasaan karakter.

Referensi

Aldossari, A. T. (2018). The Challenges of Using the Differentiated Instruction Strategy?: A Case Study in the General Education Stages in Saudi Arabia. 11(4), 74–83. https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p74

Alhafiz, N. (2022). ANALISIS PROFIL GAYA BELAJAR SISWA UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMP NEGERI 23 PEKANBARU. 1(8), 1913–1922.

Alimuddin, J. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ELEMENTARY. 4(02), 67–75.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., & Hernawan, A. H. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. 6(4), 5877–5889.

Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2023). EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. 4(1), 1544–1550.

Geel, M. V, Keuning, T., Frèrejean, J., Dolmans, D., van Merriënboer, J., & Visscher, A. J. (2019). Capturing the complexity of differentiated instruction. School Effectiveness and School Improvement, 30(1), 51–67. https://doi.org/10.1080/09243453.2018.1539013

Ginja, T. G., & Chen, X. (2020). Teacher educators’ perspectives and experiences towards differentiated instruction. International Journal of Instruction, 13(4), 781–798. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13448a

Haelermans, C. (2022). The Effects of Group differentiation by students’ learning strategies. Instructional Science, 50(2), 223–250. https://doi.org/10.1007/s11251-021-09575-0

Henz, D., & Schöllhorn, W. I. (2016). Differential Training Facilitates Early Consolidation in Motor Learning. 10(October), 1–9. https://doi.org/10.3389/fnbeh.2016.00199

Insani, A. H., & Munandar, K. (2023). Studi Literatur: Pentingnya Pembelajaran Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, 6(1), 6. https://doi.org/10.19184/se.v6i1.39645

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX.A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123–140. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.48

Ismajli, H., & Imami-Morina, I. (2018). Differentiated instruction: Understanding and applying interactive strategies to meet the needs of all the students. International Journal of Instruction, 11(3), 207–218. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11315a

Jacobse, A. E. ., Meijer, A., Helms-lorenz, M., & Maulana, R. (2019). Differentiated Instruction in Secondary Education?: A Systematic Review of Research Evidence. 10(November). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02366

Kemdikbud, P. (2021). Pembelajaran dan Asesmen, X-76.

Malacapay, M. C. (2019). Differentiated Instruction in Relation to Pupils ’ Learning Style. 12(4), 625–638.

Melesse Tadesse. (2015). Differentiated Instruction: Perceptions, Practices and Challenges Primary School Teachers Differentiated Instruction: Perceptions, Practices and Challenges of Primary School Teachers Differentiated Instruction: Perceptions, Practices and Challenges. Science, Technology and Arts Research Journal, 7522, 253–264.

Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. 4(2), 88–96.

Rusandi, & Rusli, M. (2014). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar / Deskriptif dan Studi Kasus. 1–13.

Ruth, S., Solana, S., Vaíllo, R., Hernández, M., Reynoso, S. R., Javier, F., & Hernández, M. (2013). Aprendizaje diferencial aplicado al saque de voleibol en deportistas noveles. 114(04), 45–52.

Slavin, R. E. (2014). Assesmnet in a Differentiated Classroom, Proven Programs in Education: Calssroom Management and Assesment. E SAGE Company.

Suwartiningsih. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 1, 80–94.

Taylor, S. . (2017). Contested Knowledge?: A Critical Review of the Concept of Differentiation in Teaching and Learning. 1, 55–68.

Westbroek, H. B., van Rens, L., van den Berg, E., & Janssen, F. (2020). A practical approach to assessment for learning and differentiated instruction. International Journal of Science Education, 42(6), 955–976. https://doi.org/10.1080/09500693.2020.1744044

Zulaiha, S., Meldina, T., Agama, I., Negeri, I., Ak, J., No, G., Curup, D., & Lebong, R. (2022). Problematika Guru dalam Merdeka Belajar Menerapkan Kurikulum. 9(2).

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Pramono, K. S. E., & Kertopati, B. W. (2024). Analisa Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 3 Paguyangan. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 19, 381–386. https://doi.org/10.30595/pssh.v19i.1514